alexametrics

Ichsan Firdaus: Ispikani Punya Jasa Besar Lahirnya KKP

26 November 2021, 18:43:20 WIB

JawaPos.com – Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (PP Ispikani) menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis). Forum yang dihadiri oleh para pengurus dan ketua cabang Ispikani seluruh Indonesia itu digelar di Hotel Salak, Bogor, selama dua hari (26-27 November 2021).

Ketua umum PP Ispikani Ichsan Firdaus dalam sambutannya mengatakan, rakernis kali ini diharapakan bisa membangun sinergitas antara pengurus pusat dengan pengurus cabang yang tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia. Termasuk juga menerima banyak masukan dari kalangan dewan pakar Ispikani.

“Sinergitas dan kolaborasi pengurus pusat dan cabang di daerah harus terus dibangun. Termasuk juga dengan kalangan dewan pakar,” ujar Ichsan Firdaus.

Ichsan juga menuturkan, kehadiran Ispikani sebetulnya memiliki jasa yang tidak sedikit dalam pembentukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Karena Ispikani sudah berdiri sejak 12 Mei 1984. Sementara itu, embrio KKP baru hadir pasca-reformasi pada era Gus Dur menjadi Presiden.

“Saat itu namanya Departemen Eksplorasi Laut, yang dipimpin oleh Sarwono Kusumaatmadja, kemudian berubah menjadi Kementerian Kelautan Perikanan saat era Presiden Megawati dan menterinya Rokhmin Dahuri,” ujarnya.

Menurut Ichsan, saat era 80-90-an awal, mahasiswa perikanan itu seperti warga kelas dua, karena lulusan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelauatan (FPIK) belum jelas akan masuk dalam departemen mana. Sebab saat orde baru belum ada departemen atau kementerian perikanan dan kelauatan.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads