alexametrics

Usai Isolasi 35 Hari, Ketua KPU Arief Budiman Sembuh dari Covid-19

26 Oktober 2020, 18:12:49 WIB

JawaPos.com – Pelaksana harian (Plh) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menyebut dua koleganya yakni Arief Budiman dan Pramono Ubaid Tanthowi sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Menurut Ilham, status negatif Covid-19 itu didapat setelah dua koleganya tersebut telah melakukan swab test, cek darah dan scan thorax. Dari test tersebut keduanya dinyatakan negatif.

“Jadi secara ‎total keduanya telah melakukan isolasi selama kurang lebih 35 hari,” ujar Ilham kepada wartawan, Senin (26/10).

Karena sudah sembuhnya Arief Budiman tersebut, lanjut Ilham, maka secara otomatis dia sudah bisa kembali menjabat sebagai Ketua KPU. Sehingga dirinya tidak menjabat Plh Ketua KPU lagi.

“Arief Budiman kembali bertugas sebagai Ketua KPU mulai besok Selasa (27/10),” katanya.

Saat ini Arief Budiman dan Pramono Ubaid Tanthowi juga telah melakukan rapat peleno ‎dengan para komisioner lainnya. Sehingga KPU mengucapkan banyak terimakih yang telah merawat dua komisioner KPU tersebut.

‎”KPU RI mengucapkan terima kasih dan apresiasi yg setinggi-tingginya kepada semua pihak, baik instansi pemerintah, RSPAD, Satgas Covid-19, Puskesmas Pejaten Barat,” ungkapnya.

“Serta para tenaga kesehatan yang selama ini merawat dan memantau kesehatan kedua pimpinan KPU RI. Saat ini keduanya pulih seperti sedia kala,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu diketahui usai Arief menjalani tes PCR atau swab test pada Kamis (17/9).

Lima hari pasca-dinyatakan positif Covid-19, Arief dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta pada Selasa (29/9). Bersamaan dengan itu, Ilham Saputra ditunjuk sebagai Plh Ketua KPU RI menggantikan Arief Budiman.

Sementara itu, Pramono Ubaid Tanthowi dinyatakan positif Covid-19 satu hari pasca-Arief mengumumunkan kondisinya pada (19/9).

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini: