alexametrics
Urban Mystery

Furi Harun Koleksi 351 Boneka ’’Berisi’’ Arwah

26 September 2021, 20:48:39 WIB

Hobi mengoleksi boneka merupakan hal biasa. Namun, kalau menyimpan boneka yang ”diisi” dengan arwah, mungkin cuma Furi Harun yang begitu. Furi meminta semua orang bersikap baik terhadap boneka jika tak ingin ada hal buruk yang terjadi.

SAAT mewawancarainya beberapa waktu lalu, Jawa Pos juga diminta untuk bersikap sopan kepada ratusan bonekanya. ’’Anak-anak, ini ada oleh-oleh,’’ ucap wartawan Jawa Pos kepada deretan boneka yang berjajar rapi sambil mengeluarkan kantong plastik yang berisi susu kotak rasa stroberi, permen, dan cokelat dari dalam tas.

Begitulah peraturan saat bertamu ke kediaman Furi Harun. ’’Tamu harus bawa sesuatu. Sekadar oleh-oleh untuk anak-anak. Kalau ada tamu yang nggak bawa, bisa didatangin lewat mimpi,’’ kata Furi. Perempuan kelahiran 1981 tersebut menerangkan, kebanyakan arwah yang diadopsi lewat boneka-boneka merupakan sukma anak kecil. So, sama dengan anak kecil pada umumnya, mereka terkadang rewel, sakit hati, bahkan marah.

’’Jadi, saya harus memberikan pemahaman kepada tamu. Tak jarang tamu melapor ke saya kalau mereka dijahilin,’’ ungkap Furi. Pernah ada tukang pijat yang mengadu kalau dirinya tidak bisa jalan. Ternyata, tukang pijat itu pernah merasa gemas, lalu mencubit pipi salah satu boneka saat Furi tertidur.

’’Lalu, saat tukang pijat itu tidur, dia didatangi boneka di dalam mimpi. Boneka itu marah, lalu mencubit paha tukang pijat tersebut. Ketika bangun, tukang pijat itu tidak bisa berjalan,’’ tuturnya.

Furi lalu memberikan edukasi kepada tukang pijat tersebut. Boneka tidak boleh diganggu. Sebab, seluruh boneka di kediamannya ada ”isinya”. ’’Kalau boneka kosong, mau dicubit tidak akan bereaksi,’’ tegasnya.

Meski ada risiko, banyak orang yang tertarik untuk mengadopsi boneka-boneka Furi. Namun, Furi harus selektif dalam memberikan izin kepada orang yang ingin mengadopsi. ’’Dulu, orang mengadopsi boneka arwah agar cepat kaya. Ada juga yang untuk kekebalan. Saya tidak bisa kalau tujuannya seperti itu,’’ ungkapnya.

Tujuan orang yang mengadopsi boneka arwah adalah menjadikannya anak asuh. Kalau mengasuhnya baik, sang ”anak” akan sayang kepada orang tua asuhnya. Namun, tidak jarang Furi mendapati boneka yang kurang cocok dengan orang tua asuhnya.

’’Boneka hanya ditaruh di toko. Disuruh membawa pembeli yang banyak. Dia nggak nyaman. Kalau di sini, dia didoakan dan tidak disuruh-suruh,’’ ungkap Furi.

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads