alexametrics

KPU: Silakan Nobar Putusan MK, Asal Sesuai Konteks Hukum

26 Juni 2019, 10:21:22 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) mempersilakan masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya sidang Mahkamah Konstitusi (MK) hingga putusan yang rencananya akan dibacakan pada Kamis (27/6). Komisioner KPU Viryan Aziz pun berpesan kepada masyarakat untuk tertib dalam mengawal proses ini.

“Yang ingin nonton bareng (nobar), ya silakan. Tetapi nobar yang sesuai dalam konteks hukum ya,” katanya, Rabu (26/6).

Viryan menjelaskan, majelis hakim MK akan membacakan putusan sengketa pilpres secara detil. Seluruh poin baik argumen maupun jawaban dari pihak berperkara akan dibacakan.

Ia pun meminta masyarakat untuk tidak berprasangka buruk terhadap jalannya sidang. Masyarakat dipersilakan melihat tayangan ulang sidang-sidang sebelumnya untuk memastikan berita yang simpang siur.

“Apabila ingin mengetahui hal yang sebenarnya, dari informasi ternyata si A begini, si B begini. Nah, itu kan bisa dicek pakai rekaman sidang itu. Agar tidak penuh dengan prasangka,‎” ujarnya.

Terpisah, Komisioner KPU Wahyu Setiawan berharap seluruh gugatan yang diajukan Prabowo-Sandi bisa ditolak oleh MK. “Harapan kami, seluruh permohonan pemohon ya ditolak. Kenapa begitu? Ya kan kami harus membela keputusan KPU sendiri,” ujar Wahyu.‎

Dia berharap semua pihak bisa menerima putusan MK. Pasalnya, putusan lembaga penguji undang-undang ini bersifat final dan mengikat.

“Kepada semua pihak, kita harus mematuhi hukum. Dan, kita harus menerima apapun keputusan MK nanti‎,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads