alexametrics
Sidang Sengketa Pilpres 2019

KPU Optimistis MK Tolak Gugatan Prabowo-Sandi

26 Juni 2019, 11:58:21 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) optimistis, putusan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Kamis (27/6) besok akan menganulir gugatan pasangan calon presiden 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hal ini menurut Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik, sudah sesuai dengan koridor yang ada. Sehingga mematahkan tuduhan kecurangan yang dialamatkan kepada KPU.

“Kami yakini ya, optimistis dan meyakini bahwa putusan yang telah kami buat akan dikuatkan MK,” ujar Evi di Kantor DKPP, Jakarta, Rabu (26/6).

Oleh sebab itu Evi meyakini MK akan menolak gugatan yang dilakukan oleh Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sehingga dugaan kecurangan yang dilakukan oleh KPU tidak benar. Sesuai dengan putusan nanti.

“Tentu kita optimistis bahwa apa yang dituduhkan kepada KPU tidak benar, dan tidak terbukti di MK. Sehingga kita optimistis penetapan kita akan ditetapkan MK,” katanya.

Lebih lanjut Evi mengatakan, tidak ada persiapan khusus dari KPU jelang putusan sidang MK ini. Karena hanya mendengarkan putusan saja dari sembilan hakim MK.

“Tentu tidak ada persiapan khusus ya, kami kan hanya akan mendengarkan keputusan dari MK. Sampai saat ini ya kita bekerja seperti biasa,” ungkapnya.

Bahkan Evi mengatakan tidak ada rapat pleno antar komisioner untuk membicarakan mengenai putusan MK terkait sengketa Pilpres 2019 ini. ‎Apapun keputusan MK nantinya KPU juga siap menjalankannya.

Terpisah, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Andre Rosiande optimis MK bakal mengabulkan gugatan Prabowo-Sandi mengenai dugaan kecurangan Pilpres 2019 ini. Sehingga permohonan Tim Hukum Prabowo-Sandi bisa dijalankan oleh KPU.

“Kami optimistis, Insya Allah MK akan memutuskan sesuai harapan kami,” katanya.

Andre menuturkan Prabowo-Sandi juga siap menerima apapun hasil keputusan MK. Misalnya gugatannya tidak diterima, maka pasangan nomor urut 02 ini bebesar hati alias legawa.

“Akan menerima secara lapang dada, karena kuasa hukum telah bekerja maksimal, saksi sudah dihadirkan, barang bukti sudah disampaikan. Apapun keputusan tentu akan diterima. Prabowo dan Bang Sandi itu patriot serta negarawan,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Juru Bicara MK, Fajar Laksono menyatakan sembilan hakim MK telah menyelesaikan rapat permusyawarat hakim (RPH) terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019. Dengan demikian MK memajukan pembacaan putusan pada Kamis (27/6) mendatang.

Fajar menjelaskan, majelis hakim konstitusi telah siap membacakan gugatan Pilpres 2019. Pihaknya akan segera memberi tahu kepada pihak pemohon yakni kubu Prabowo-Sandi, termohon yakni KPU dan terkait kubu Jokowi-Ma’ruf.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads