alexametrics

Perjuangan Petugas KPU Distribusikan Logistik ke Wilayah Pelosok

26 Juni 2018, 21:27:17 WIB

JawaPos.com – Mendekati hari pemilihan, petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama pihak Kepolisian masih melakukan pendistribusian di berbagai wilayah di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim). Kali ini, petugas mendistribusikan kotak dan surat suara ke lokasi dengan melalui medan cukup sulit, Selasa (26/6).

Lokasi tersebut adalah, Dusun Jubleg, Desa Napis, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro. Untuk menjangkau Dusun Jubleg, para petugas harus menempuh jarak 13 kilometer. Lokasi yang harus dilalui medannya sempit dan berlumpur. Hujan deras menambah berat perjalanan yang dihadapi petugas. Pasalnya mereka melewati jalan rusak yang tidak tersentuh aspal itu.

Hal itu membuat petugas harus bergantian untuk mendorong sepeda motor yang membawa beban logistik Pilbup Bojonegoro dan Pilgub Jatim. Ini belum lagi, ketika motor mati mendadak mereka harus memperbaikinya karena mesinnya mogok.

Perjuangan Petugas KPU Distribusikan Logistik ke Wilayah Pelosok
Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama pihak kepolisian saat mendistribusikan logistik kotak dan surat suara ke lokasi terpencil Dusun Jubleg, Desa Napis, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonego (Yudi Handoyo/JawaPos.com)

Untuk menuju ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) 8 lokasi tersebut, petugas juga ditantang melalui dua anak sungai. Jalan yang tidak dapat dilewatu kendaraan roda empat itu, membuat petugas harus rutin membersihkan ban motor yang dipenuhi lumpur.

Salah satu Petugas Pemungutan Suara (PPS) Desa Napis, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro, Selika Noviana, 23, bersama Linmas, Bhabinkamtibmas, Babinsa, PPS dan PPK harus berjalan puluhan kilometer dari kantor desa setempat menuju Dusun Jubleg.

“Kita membutuhkan waktu satu jam untuk menempuh Dusun Jubleg dengan jarak 13 kilometer dari Desa Napis. Di dusun itu, sinyal ponsel juga susah buat telpon,” ujarnya.

“Namun karena ini adalah tugas, saya jalani dengan senag hati,” kata Noviana, usai melakukan pendistribusian suat suara ke lokasi terpencil tersebut.

Sementara itu, petugas dari kepolisian, Aipda Usman dan Brigadir Solikin yang juga mengawal logistik tersebut juga menyampaikan hal serupa. “Hari ini, logistik sudah sampai lokasi untuk persiapan pencoblosan besok, Rabu (27/6).” ujar Aipda Usman.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (yud/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Perjuangan Petugas KPU Distribusikan Logistik ke Wilayah Pelosok