alexametrics

RSD Pulau Galang Beroperasi Pekan Depan, Ini Misi Pertamanya

26 Maret 2020, 13:46:29 WIB

JawaPos.com – Pembangunan Rumah Sakit Darurat (RSD) khusus penyakit menular di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau akan segera rampung. Pemerintah telah menjadwalkan mulai Senin (30/3) mendatang, rumah sakit ini sudah dioperasikan.

“RSD Pulau Galang hari Senin akan dioperasionalkan, khususnya untuk menampung pasien TKI dari Malaysia,” kata Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono saat dikonfirmasi, Kamis (26/3).

Misi pertama dari rumah sakit ini yakni akan menampung pekerja migran Indonesia yang dipulangkan dari Malaysia. Namun, Yudo mengaku belum mengantongi pasti jumlah WNI yang akan dipulangkan tersebut.

“Jumlahnya ribuan tapi akan di cek dulu dengan thermal gun dan rapid test, yang dinyatakan positif akan dirawat di RSD P Galang,” jelasnya.

Bagi yang dinyatakan negatif atau tidak menunjukan gejala COVID-19 maka akan dipulangkan ke keluarga dengan tetap dilakukan pemantauan. Pemeriksaan kepada para pekerja migran dari Malaysia ini akan dipusatkan di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads