alexametrics

Ketua KPU dan Tiga Anggotanya Negatif Virus Korona 

26 Maret 2020, 12:54:39 WIB

JawaPos.com – Dua Komisioner Ombudsman Ninik Rahayu dan Lelly Pelitasari Soebekty positif tertular virus Korona. Sebelum itu, rupanya Ketua Ketua KPU Arief Budiman sempat mendampingi Evi Novida Ginting Manik.

Kedatangan mereka ke Ombudsman karena Evi Novida mengajukan pelaporan maladiministrasi yang dilakukan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Di mana Evi dipecat sebagai Komisioner KPU karena melakukan pelanggaran etik.

Saat dikonformasi, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, sudah melakukan pengetesan Korona, hasilnya dirinya, Evi Novida, Ilham Saputra ‎dan Viryan Aziz hasilnya negatif COVID-19. Tidak tertular virus tersebut.

“Kita sudah tes semua. Hasilnya negatif. Kecuali Pak Hasyim As’yari dan Pramono Ubadi Tanthowi yang belum dites,” ujar Arief saat dihubungi, Kamis (26/3).

Arief mengatakan, kedatangannya dirinya ke Ombudsman hanya ditemui oleh Ahmad Alamsyah Saragih. Dia pun tidak dinyatakan positif Korona. Arief juga menuturkan dua komisioner Ombudsman yang positif Korona tersebut Ninik Rahayu dan Lelly Pelitasari Soebekty statusnya Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Jadi cuma ada Pak Alamsyah saja yang menemui kita waktu itu,” katanya.

Lebih lanjut Arief mengatakan, saat ini semua komisioner dan pegawai KPU bekerja dari rumah. Hal itu sesuai dengan anjuran pemerintah.‎ Namun apakah akan diperpanjang kerja di rumah tersebut. Arief mengatakan belum adanya keputusan.

“Sampai sejauh ini kita masih bekerja dari rumah sampai tanggal 31 Maret,” ungkapnya.

Sebelumnya, dua komisioner Ombudsman, yakni Wakil Ketua Ombudsman Lely Pelitasari Soebekty dan anggota Ombudsman Lilik Rahayu, dinyatakan positif terjangkit virus Korona.

Ketua Ombudsman Amzulian Rifai mengatakan, sebelum dinyatakan positif, tujuh  dari sembilan komisioner Ombudsman berinisiatif melakukan tes Covid-19 di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada Kamis (19/3).

Rifai mengatakan, kondisi Lely dan Ninik masih dalam keadaan bugar. Meski demikian diminta untuk melakukan karantina mandiri. Hal itu setelah melakukan komunikasi dengan pihak Wisma Atlet.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads