alexametrics

Aswanto Dilantik jadi Wakil Ketua MK RI

26 Maret 2019, 12:02:35 WIB

JawaPos.com – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman melantik, Aswanto yang kembali terpilih menjadi Wakil Ketua MK. Meski pemilihan kemarin menggunakan sistem voting, Anwar menyebut proses itu berjalan dengan baik.

“Saya mengucapkan selamat kepada hakim konstitusi yang baru saja mengucapkan sumpah sebagai Wakil Ketua MK masa jabatan 2019-2021,” kata Anwar dalam sambutannya di Gedung MK, Selasa (26/3).

Menurutnya, kembali terpilihnya Aswanto bakal membuat soliditas di MK semakin kuat terutama menghadapi pemilihan umum 2019. Sebab pihaknya telah bersiap dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan teknologi untuk menghadapi gugatan pemilu.

“Saya ingin menegaskan para hakim konstitusi bersembilan dan seluruh aparatur konstitusi siap 100 persen menghadapi sengketa pemilu sekira nanti ada permohonan,” ucap Anwar.

Sejumlah tokoh negara hadir dalam pelantikan tersebut. Di antranya yakni Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Kemarin, Aswanto terpilih menjadi Wakil Ketua MK melalui proses pemungutan suara. Ada Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) yang dilanjut dengan Rapat Pleno Lanjutan Hakim (RPLH) dalam proses tersebut, sebelum kesepakatan diumumkan.

Adapun dalam RPH tertutup ada nama selain Aswanto, yakni I Dewa Gede Palguna. Kedua hakim konstitusi ‘bertempur’ sengit dalam proses pemungutan suara hingga tiga putaran. I Dewa Gede Palguna memutuskan mengundurkan diri sebagai calon wakil ketua MK pada putaran terakhir.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Aswanto Dilantik jadi Wakil Ketua MK RI