JawaPos Radar

Hore, Kuota Mudik Gratis untuk Sepeda Motor Ditambah

Tujuannya Perjalanan Tak Hanya Pulau Jawa

26/03/2018, 09:50 WIB | Editor: Ilham Safutra
Hore, Kuota Mudik Gratis untuk Sepeda Motor Ditambah
Para pemudik yang menggunakan sepeda motor ketika sampai di Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada Lebaran 2017. (Rizky Panchanov/Radar Lampung/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah kuota mudik gratis tahun ini. Total kuota mudik gratis 2018 untuk sepeda motor disediakan sebanyak 39.446 unit atau naik 106 persen daripada tahun sebelumnya 19.148 unit. Sementara itu, kuota untuk penumpang sebanyak 87.250 orang.

Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 46.885 orang. Penambahan kuota itu bertujuan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

"Ada bus untuk mengangkut orang dan truk untuk mengangkut motor. Selain itu, kami menyediakan kapal untuk mengangkut motor dari Jakarta ke Semarang pergi-pulang," ujar Menhub Budi Karya Sumadi di Stasiun Kota, Jakarta, kemarin (25/3).

Hore, Kuota Mudik Gratis untuk Sepeda Motor Ditambah
Pemudik yang menggunakan bus di Terminal kalideres, Jakarta Barat pada Idul Fitri 2017 (Ismail Pohan/Indopos/Jawa Pos Group)

Menhub juga kembali mengingatkan masyarakat agar tidak mudik dengan menggunakan sepeda motor demi keselamatan berlalu lintas.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menambahkan, pada program mudik gratis 2018, untuk moda jalan disediakan 1.130 bus dan 70 truk. "Sedangkan moda kapal penyeberangan meliputi tiga lintasan. Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Lampung, dengan kapasitas masing-masing 1.000 orang dan 500 motor," ungkapnya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan memperluas titik tujuan mudik. Tak hanya di Jawa, mereka yang mudik keluar Jawa juga dilayani. Tujuan mudik gratis tanpa sepeda motor tahun ini meliputi 32 kabupaten/kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan Sumatera Barat.

Sementara itu, tujuan mudik dengan sepeda motor mencakup sembilan kabupaten/kota. Yakni, Tegal, Semarang, Solo, Wonogiri, Jogjakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto.

Kemenhub juga membuka pendaftaran online di kantor Kemenhub, Dishub Kota Bogor, Dishub Kota Depok, Dishub Kabupaten Tangerang, dan Dishub Kabupaten Bekasi. Syaratnya, penumpang harus memiliki SIM dan STNK yang masih berlaku serta wajib membawa STNK, SIM, KTP, dan KK. Dokumen tersebut harus difotokopi sebanyak tiga lembar. "Tidak boleh ada modifikasi atau aksesori tambahan pada sepeda motor," ujar Budi.

Menurut data Kemenhub, BUMN dan swasta juga sudah membuka layanan mudik gratis. ''Berdasar hasil koordinasi dengan BUMN dan mitra kerja swasta, rencana mudik gratis 2018, posisi saat ini tercatat sekitar 3 ribu bus," kata Budi. 

(lyn/c7/oki)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up