alexametrics

Laju Pancaran Radiasi di Perumahan Batan Indah Menurun

26 Februari 2020, 17:14:40 WIB

JawaPos.com – Warga di sekitar rumah Suhaedi Muhammad di Perumahan Batan Indah Blok A-22 tidak perlu khawatir. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memastikan, dari aspek keselamatan, tidak ada sisa pancaran radiasi yang berbahaya.

Meski menyimpan bahan radioaktif berbahaya, Suhaedi diduga tidak menempatkannya sembarangan. Yakni, di wadah tertentu sehingga tidak sampai mencemari atau mengontaminasi lingkungan sekitar.

Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Bapeten Abdul Qohhar menuturkan, setelah temuan bahan radioaktif di rumah PNS Batan tersebut, tim mengukur tingkat radiasi. Hasilnya, laju paparan setelah sumber radioaktif diamankan kembali normal atau sama dengan background.

Qohhar menyebutkan, laju paparan di jalan depan rumah blok A-22 itu sempat dua kali lipat dari background saat sumber radioaktif masih ada di dalam rumah. Kemudian, laju paparan radiasi di pagar rumah saat sumber radioaktif belum diamankan tercatat tiga kali lipat dari background. ’’Dengan demikian, keberadaan sumber-sumber tersebut dari sisi keselamatan tidak membahayakan warga di sekitarnya,’’ katanya.

Dia menjelaskan, acuan background atau ambang batas radiasi nuklir naik turun. Mulai 0,02 microsievert hingga 0,06 microsievert. Qohhar menyatakan, meski saat ini hasil pengukurannya tercatat 0,05 microsievert, kategorinya masih wajar.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : wan/c19/fal



Close Ads