alexametrics

Jokowi Harapkan MA Beri Putusan yang Berkeadilan untuk Masyarakat

26 Februari 2020, 13:57:42 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo mengapresiasi langkah Mahkamah Agung (MA) telah melakukan reformasi secara besar-besaran terhadap dunia peradilan. Menurutnya, hal ini berdampak pada pelayanan lembaga peradilan untuk melayani masyarakat secara cepat, transparan untuk memberikan keadilan.

“Terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada jajaran MA di bawah kepemimpinan Yang Mulia Hatta Ali, yang telah melakukan reformasi besar-besaran terhadap dunia peradilan kita untuk melayani masyarakat secara cepat dan transparan,” kata Jokowi saat memberikan sambutannya dalam laporan tahunan MA di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (26/2).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tak memungkiri, Mahkamah Agung dan jajarannya sangat berat dan tidak mudah untuk memutus puluhan ribu perkara dalam satu tahun. Namun, Jokowi mengharapkan semua warga negara, terutama dari keluarga kurang beruntung harus berani memperjuangkan keadilan.

“Masyarakat harus memperoleh layanan yang semakin baik dan cepat di tengah masalah yang semakin Kompleks. Masyarakat harus memperoleh keputusan yang seadil-adilnya di tengah kepentingan antar pihak yang berperkara,” harap Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi pun mengharapkan agar MA semakin sederhana, cepat dan transparan dalam memutus perkara. “Hasilnya sudah terasa dari 20.275 beban perkara di tahun 2019 hanya tersisa 217 perkara yang belum diputus. Ini adalah jumlah terendah sepanjang sejarah berdirinya Mahkamah Agung,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads