alexametrics

KPU Laporkan Kasus WNA Diduga Masuk DPT ke Bareskrim Polri

26 Februari 2019, 23:06:34 WIB

JawaPos.com – Warga negara asing (WNA) berkebangsaan Tiongkok dengan nama Guohui Chen mendadak mengegerkan dunia maya. WNA, sesuai aturannya, memang dimungkinkan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), dengan beberapa perbedaan dari KTP milik WNI.

Masalahnya, nomor induk kependudukan (NIK) Guohui Chen, diduga masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Terkait hal itu, komisioner Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) Viriyan Azis mengatakan, bakal melaporkan ke Bareskrim Polri.

“Jadi, langsung kami laporkan, karena kami sudah punya kerja sama,” ujar Viriyan di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (26/2).

Viriyan menegaskan, segala bentuk hoaks soal penyelenggaran pemilu akan langsung dilaporkan ke pihak kepolisian. T‎ujuannya untuk menjadikan pemilu 2019 ini tetap berkualitas.

“Setiap hal yang tidak benar yang kita ketahui baik di media sosial maupun media lain langsung kami laporkan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Viriyan Aziz memastikan e-KTP dengan nama Guohui Chen tidak terdaftar dalam Nomor Induk Kependudukan (NIK). KPU pun mengaku sudah melakukan pengecekan.

“Jadi, Bapak Guohui Chen dengan NIK itu tidak ada dalam DPT Pemilu 2019,” ujar Viriyan.

Viriyan mengaku saat KPU mengecek NIK di KTP-el Guohui Chen, yang keluar bukan nama tersebut, melainkan warga Cianjur dengan nama Bahar.

Dengan demikian Viriyan memastikan pria bernama Guohui Chen tidak bisa menggunakan hak pilihnya di Pemilu 17 April 2019. Hal itu lantaran, yang bersangkutan WNA, dan NIK itu diketahui bukan atas nama dirinya.

Atas permasalahan itu, lembaga yang diketuai Arief Budiman ini pun langsung berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“KPU meminta data by name by address WNA yang memiliki e-KTP, kemudian KPU akan memastikan data DPT tidak ada WNA yang masuk di DPT,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads
KPU Laporkan Kasus WNA Diduga Masuk DPT ke Bareskrim Polri