alexametrics

Penggarapan Lumpur Lapindo, Sidoarjo Jangan Hanya Dikasih Dampaknya

26 Januari 2022, 15:20:06 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo sampai saat ini belum dilibatkan dalam pengelolaan di area lumpur Lapindo Sidoarjo. Padahal, penelitian demi penelitian menunjukkan berbagai potensi lumpur yang menyembur sejak Mei 2006 tersebut.

Karena itu, Ketua DPRD Sidoarjo Usman mendorong agar pemkab kelak diajak serta. ’’Sidoarjo jangan dikasih dampaknya saja. Daerah juga harus menikmati kekayaan alam yang dihasilkan dari daerah ini,’’ katanya kepada Jawa Pos kemarin (25/1).

Selain potensi rare earth atau logam tanah jarang (LTJ), kandungan penting lain ditemukan di wilayah lumpur Lapindo Sidoarjo.

Koordinator Mineral, Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM Moehamad Awaludin menjelaskan, kandungan mineral lain itu adalah critical raw material (CRM) atau mineral kritis.

Disebut mineral kritis karena memang secara bahan baku tidak ada penggantinya. Awaludin menjelaskan, di dalam CRM tidak hanya terdapat unsur LTJ.

’’Kemudian, banyak negara yang bergantung pada impor karena pasokan (CRM) hanya didominasi negara tertentu. Maka dari itu disebut kritis atau CRM. Ini juga terkait dengan mineral-mineral high tech sehingga CRM memang dianggap sebagai sesuatu yang strategis,’’ ujarnya kepada Jawa Pos.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : uzi/c7/ttg

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads