alexametrics

Ambil Alih Ruang Kendali Udara, Indonesia Optimal Jaga Kedaulatan

26 Januari 2022, 06:30:27 WIB

JawaPos.com–Pengamat militer Beni Sukadis menilai upaya menjaga kedaulatan Indonesia akan lebih maksimal dengan penguasan ruang udara penerbangan atau flight informatin region (FIR) di Kepulauan Riau (Kepri) dan sekitarnya. Hal itu sudah disepakati dengan Singapura oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui kesepakatan yang diteken Selasa (25/1).

”Ya, pengelolaan FIR sangat penting karena pesawat tempur kita sudah tidak perlu lapor ke Singapura lagi kalau melewati Batam dan Natuna,” kata Beni saat dihubungi, Rabu (26/1).

Dengan pengambilalihan itu, Indonesia juga bakal mendapatkan keuntungan secara ekonomi. ”Yaitu ada biaya yang didapat dari pengelolaan FIR tersebut,” ucap Beni.

Menurut Beni, pengambilalihan tersebut adalah keberhasilan dari lobi tingkat tinggi yang dilakukan Pemerintah Indonesia melalui kementerian dan instansi terkait.

”Upaya (lobi) ini sudah dilakukan sejak lama dan salah satu trade off dalam negosiasi soal perjanjian pertahanan,” terang Beni.

Kementerian Pertahanan menyatakan, dalam unggahan Instagram pada Selasa (25/1), Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan beberapa menteri lain turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan di Bintan. Indonesia dan Singapura telah menyepakati beberapa nota kesepahaman di bidang politik, hukum, dan pertahanan keamanan untuk menyempurnakan kedaulatan bangsa. Yakni pengambilalihan FIR dari Singapura ke Indonesia yang telah diupayakan sejak 1990-an.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads