JawaPos Radar

Pemuda Tani Bertekad Jadikan Santri Pilar Ketahanan Pangan

25/09/2018, 11:37 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Pemuda Tani Bertekad Jadikan Santri Pilar Ketahanan Pangan
Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Rina Saadah (istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Potensi alam Indonesia yang subur harus bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk meningkatkan taraf kehidupan petani. Begitu tekad Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Rina Saadah saat memperingati Hari Tani Nasional ke-58 di Desa Pangembangan, Kuningan, Jawa Barat, Senin (24/9).

Rina mengaku kerap menjumpai daerah yang masih menggunakan cara-cara tradisional dalam bertani. Demi meningkatkan taraf kehidupan petani, pola-pola tradisional harus segera beralih dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Kami siap melaksanakan program-program kami dalam mengembangkan dunia pertanian di Indonesia. Sehingga peningkatan dari segi ekonomi bagi para petani benar-benar terasa," ujarnya dilansir RMOL (Jawa Pos Grup).

Rina menjabarkan pentingnya revitalisasi pertanian dengan regenerasi petani. Sebab, jumlah petani muda saat ini hanya 3,3 juta orang, sementara luas lahan pertanian Indonesia mencapai 7,78 juta hektare.

Dalam regenerasi petani, salah satu gebrakan yang akan dilakukan Pemuda Tani adalah menggandeng pondok pesantren. Pemuda Tani bertekad menjadikan santri sebagai salah satu pilar yang bisa mewujudkan ketahanan pangan Indonesia.

"Kami bertekad melahirkan santri tani yang siap," tegas Rina.

Sebagaimana dalam keterangannya, Rina berharap pilpres sebagai agenda politik nasional harus sukses dan menjadi penanda upaya serius pemerintah untuk menyukseskan revitalisasi pertanian.

Acara tasyakuran ditutup dengan makan bersama atau ngaliwet bersama para petani dan kepala desa di Kabupaten Kuningan. Acara turut diisi dengan pemberian bantuan bibit kepada ratusan petani.

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up