alexametrics

Kata Luhut, Jokowi Sangat Ingin Rekonsiliasi dengan Prabowo

25 Juni 2019, 11:53:54 WIB

JawaPos.com – Mahkamah Konstitusi (MK) sebentar lagi akan membacakan putusan sengketa pilpres 2019. Semua pihak menginginkan adanya rekonsiliasi antara Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Jokowi sangat menginginkan adanya rekonsiliasi dengan Prabowo. “Sangat (Jokowi sangat ingin rekonsiliasi). Dengar saja pidato presiden setelah pengumuman. Insya Allah semua baik-baik,” ujar Luhut di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (25/6).

Luhut menambahkan, Jokowi juga mengajak semua pihak untuk kembali bersatu usai pilpres. Dia berharap, seluruh komponen bangsa bisa membantu pemerintah dalam membangun Indonesia.

Luhut menduga, bisa saja pertemuan membahas rekonsiliasi itu terjadi seperti 2014. Saat itu, Jokowi mendatangi kediaman Prabowo Subianto di Kertanegara.

‎”Ya, bisa saja terjadi begitu. Tidak ada yang tidak mungkin. Jokowi kan orang humble. Dia orang yang sangat bersahaja, ibunya bersahaja. Dan untuk kepentingan negara, saya kira Pak Jokowi tidak akan pernah sungkan untuk berbuat apa saja,” kata Luhut.

Di tempat yang sama, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menginginkan silaturahmi kedua kubu. “Saya rasa harus dimulai dengan silaturahmi, toh kita juga sama-sama telah menghormati proses-proses yang ada di MK,” ujar Puan.

Puan juga mengajak semua anak bangsa bersama-sama dengan pemerintahan membangun bangsa ini. Pasalnya, membangun Indonesia tidak bisa diserahkan hanya kepada pemerintah.

“Harus ada goodwill, niat baik dari kita semua untuk bersama-sama membangun bangsa,” tuturnya.

Selain itu, Puan juga berharap semua pihak bisa menerima putusan MK dalam perkara sengketa pilpres, pada 27 Juni mendatang. Menurutnya, sudah saatnya rakyat Indonesia bersatu dan fokus membantu pemerintah.

“Jadi, marilah kita bersama-sama bersatu membangun Indonesia yang lebih baik. Indonesia yang lebih maju. Sehingga bisa bersama-sama membangun bangsa dari rasa persaudaraan dan persatuan,” pungkas Puan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono