alexametrics

Sentil Nadiem, Jokowi Kesal Kemendikbud Masih Beli Bangku-Laptop Impor

25 Maret 2022, 11:44:45 WIB

JawaPos.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dipimpin Nadiem Makarim. Kepala negara menyesalkan, Kemendikbudristek baru menghabiskan anggaran Rp 2 triliun untuk belanja barang dan jasa dari total anggara Rp 29 triliun.

“Hati-hati Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tadi pagi saya cek baru 2 triliun, ini kelihatannya ada yang enggak semangat di dalam kementerian,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan dalam acara Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia yang digelar di Bali, Jumat (25/3).

Tak hanya soal minimnya angka belanja barang dan jasa, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyesalkan, Kemendikbudristek banyak mengimpor barang-barang yang sebenarnya bisa diproduksi dalam negeri. Karena itu, seharusnya tidak melakukan impor.

“Urusan masa beli bangku, beli kursi mau impor kita, laptop mau impor kita? kita sudah bisa bikin semuanya itu, sudah bisa bikin semuanya. Sudahlah jangan diterus-terusin,” cetus Jokowi.

Jokowi menyebut, membeli produk asing melalui cara impor hanya menguntungkan negara-negara lain.

“Duit kita, capital outflow keluar, pekerjaan ada di sana, bukan di sini. Coba kita belokkan semua ke sini, barang yang kita beli barang dalam negeri,” ucap Jokowi.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: