alexametrics

Usai Vaksin Tetap Kena Covid-19, Menkes: Bukan Berarti Jadi Superman!

25 Maret 2021, 15:53:50 WIB

JawaPos.com – Sejumlah orang termasuk pejabat publik melaporkan dirinya terinfeksi Covid-19 usai divaksinasi. Hal itu diharapkan tidak memengaruhi minat masyarakat untuk mau divaksinasi. Sebab ada beberapa faktor mengapa seseorang tetap terinfeksi Covid-19 usai divaksinasi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan salah satu faktornya adalah seseorang mengabaikan protokol kesehatan usai divaksinasi. Sebab vaksin, kata dia, bukanlah sebuah pelindung utama yang bisa menjadikan seseorang mutlak kebal terhadap virus.

“Disuntik vaksin tak akan bikin kita jadi Superman. Enggak bisa bikin kita kebal virus,” katanya dalam pidatonya saat meresmikan layanan Vaksinasi Drive-Thru di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Kamis (25/3).

Baca Juga: Menkes Janjikan Vaksinasi Covid-19 Bakal 3 Kali Lebih Cepat Pada Juli

“Makanya kalau ada orang bilang, kok kena Covid-19 ya sudah divaksin? Ya iya, habisnya setelah divaksinasi jalan-jalan tanpa masker misalnya,” tambahnya.

Menkes Budi menegaskan antibodi kekebalan baru akan terbentuk setelah 28 hari usai suntik vaksin dosis kedua. Dan itupun tak menutup kemungkinan untuk kebal sepenuhnya dari virus.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads