alexametrics

Tunggu Hasil Kajian, MUI Bakal Keluarkan Fatwa soal PUBG

25 Maret 2019, 14:11:37 WIB

JawaPos.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) tengah mengkaji hukum memainkan game PUBG. Ditargetkan kesimpulan dari hasil kajian tentang game tersebut bisa dirilis dalam waktu dekat.

“Ya tidak terlalu lama sih. Paling lama satu bulan bisa. Bahkan lebih cepat lebih baik kan. Supaya orang tidak bingung,” kata Wakil Sekjen MUI Amirsyah Tambunan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (25/3).

Amir menambahkan, hasil kajian tersebut diharapkan bisa menjadi pencerahan bagi siswa maupun mahasiswa dalam menghadapi maraknya PUBG. “Saya melihat mahasiswa-mahasiswa ini yang perlu kita beri pencerahan oleh fatwa MUI,” imbuhnya.

Saat ini pihak MUI masih meminta masukan dari banyak kalangan. Khususnya terkait dampak kesehatan serta psikologis terhadap permainan itu. Sebab selama ini setiap orang yang memainkan game itu menghabiskan waktu, ketergantungan, dan melalaikan tugas-tugasnya.

“Apakah fatwanya segera akan diterbitkan, itu tergantung pada kajian akademik yang diberikan masukan oleh berbagai pihak,” tuturnya.

Pada prinsipnya, kata Amirsyah, game menjadi positif jika memberikan aspek edukasi. Tetapi, jika mengandung kekerasan, pornografi, horor, maka berubah jadi negatif.

“Saya kira itu sangat jelas. Merusak pikiran-pikiran dari generasi muda kita,” tandasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Folly Akbar

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Tunggu Hasil Kajian, MUI Bakal Keluarkan Fatwa soal PUBG