alexametrics

Minta HKTI Tak ‘Belok Arah’, Jokowi: Kita Rajanya Lada

25 Maret 2019, 08:40:15 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendorong para petani di sejumlah daerah tertentu untuk memilih rempah-rempah atau kopi sebagai komoditas utama selain padi dan jagung.

“Rempah-rempah sekarang sudah mulai ditinggalkan. Saya perintahkan kepada Menteri Pertanian rempah-rempah harus dimulai lagi ditanam,” kata Jokowi dalam rapat koordinasi dan diskusi nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), sebagaimana dilansir JPNN, Senin (25/3).

Jokowi mengingatkan, rempah-rempah merupakan kekuatan Indonesia sejak dulu. Bahkan bangsa Eropa harus berperang satu sama lain hanya untuk memperebutkan rempah-rempah Indonesia.

Namun, Jokowi heran sekarang jarang yang menanam rempah-rempah. Selain itu, juga tidak ada yang melakukan peremajaan. Nah, suami Iriana itu mengaku sudah memerintahkan penanaman rempah-rempah sejak tiga tahun yang lalu. Bibit-bibit yang diperlukan sudah mulai disiapkan.

Dia berharap Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) turut mendukung program penanaman rempah-rempah ini.

“Jangan berbelok arah. Nanti diambil oleh negara lain. Lada ini sudah diambil oleh Vietnam. Kita rajanya lada, jadi hati-hati mengenai ini,” tegas Jokowi.

Dalam kesempatan itu hadir juga antara lain Mensesneg Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ketua Badan Pertimbangan HKTI Oesman Sapta dan jajaran pengurus HKTI.

Editor : Imam Solehudin



Close Ads
Minta HKTI Tak 'Belok Arah', Jokowi: Kita Rajanya Lada