alexametrics

PPLI Resmikan Operasional Insinerator, Diakui Sebagai yang Tercanggih

25 Januari 2022, 15:50:54 WIB

JawaPos.com – PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) resmi meluncurkan insinerator terbesar, termodern dan terintergrasi di Indonesia. Kapasitas yang dapat ditampung untuk mengolah limbah, termasuk bahan beracun dan berbahaya (B3) sebanyak 50 ton per hari.

Presiden Direktur PPLI Yoshiaki Chida menyampaikan, sudah 27 tahun PPLI menangani pengolahan limbah di Tanah Air. Akhirnya, perusahaan yang lahir pada 1994 silam ini resmi memiliki insinerator yang merupakan alat tercanggih dalam pengolahan limbah.

“Hari ini kita akan meresmikan pengoperasian insinerator, karena limbah sulit diolah, maka kita memperkenalkan teknologi terbaru insinerator. Insinerator meruapakan teknologi yang membakar limbah pada suhu tinggi, secara signifikan mengurangi jumlah limbah,” ungkap dia dalam acara Peluncuran Insinerator di PPLI Main Facility, Bogor, Selasa (25/1).

Limbah yang dapat dikelola dengan insinerator adalah limbah organik yang dapat terbakar, seperti oil sludge, paint sludge, used rags, limbah berbahan plastik, bahan dan produk kadaluwarsa, lumpur bekas pengeboran, sludge IPAL industri, bahan kimia kadaluwarsacdan sisa sampel dari lembaga riset.

Begitu juga dengan limbah medis dari fasilitas pelayanan kesehatan serta limbah yang pemusnahannya disarankan dengan pembakaran, seperti limbah pestisida. Adapun, insinerator milik PPLI juga menggunakan sistem continuous emission monitoring system (CEMS) untuk memantau temperatur, laju air hingga parameter pada flue gas (gas buang).

“PPLI akan tetap memperkenalkan fasilitas dan teknologi termutakhir untuk perkembangan pengolahan limbah di Indonesia. Atas nama PPLI saya mohon dukungan dan kerjasama yang berkelanjutan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sayid Muhadhar mengakui bahwa insinerator milik PPLI adalah yang terbaik di Indonesia.

“Insinerator ini merupakan yang tercanggih di Indoensia dan yang terbesar di Indonesia. Saya ucapkan selamat kepada PPLI,” tuturnya.

Dubes Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji pun menyampaikan ucapan selama atas peresmian insinerator tersebut. Kata dia, PPLI merupakan satu-satunya tempat pengolahan limbah yang menggunakan teknologi canggih dari Jepang.

“Ini merupakan hal yang bagus sekali PPLI dalam menangani pengolahan limbah. PPLI saya harap dapat menjalani penanganan dan pengolahan limbah berbahaya dengan baik. Kami akan terus memberikan dukungan untuk Indonesia dalam menangani masalah limbah,” pungkasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads