alexametrics

Jual Mahar dari Murid, ”Guru Spiritual” Pencuri Disidang

Berkat Jimat, Murid Belum Tertangkap
25 Januari 2022, 12:04:11 WIB

JawaPos.com – Andik Anto dikenal di kalangan pencuri sebagai pemberi jimat untuk melancarkan aksi pencurian. Husni Mubarok termasuk salah seorang pencuri yang meminta jimat. Andik memberikan sabuk sebagai jimat agar Husni mendapatkan keselamatan spiritual saat mencuri. Namun, Andik tidak memberikan jimat tersebut secara cuma-cuma. Dia meminta imbalan dari hasil mencuri.

Jimat itu pernah manjur. Husni tidak tertangkap dan menjadi buron hingga kini. Polisi belum menemukan keberadaannya. Namun, justru Andik yang tertangkap saat akan menjual barang curian Husni.

Jaksa penuntut umum Mosleh Rahman dalam dakwaannya menjelaskan, Andik sebelumnya mengenal Husni sebagai pencuri saat pria itu datang ke rumahnya di Jalan Pandegiling pada Jumat, 15 Oktober 2021, untuk meminta jimat. Sehari kemudian, Husni datang lagi ke rumahnya. Kali ini dia membawa barang-barang curian. Di antaranya, 1 gelang emas kuning model bola kristal seberat 6,95 gram, 1 cincin emas kuning seberat 2 gram, dan 1 cincin emas seberat 1,9 gram. Husni meminta tolong kepadanya untuk menjualkan barang-barang tersebut. Andik dijanjikan fee Rp 1 juta untuk pemberian jimat.

Rencananya, Andik menjual perhiasan emas tersebut di toko di kawasan Pasar Kembang. Namun, polisi berhasil menangkapnya. Perhiasan itu ternyata milik Sayeni yang dicuri Husni di rumahnya di Jalan Keputran Panjunan.

Jaksa Mosleh menuntut Andik pidana 10 bulan penjara. ”Menuntut majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penadahan,” ujar jaksa Mosleh saat membacakan tuntutan dalam sidang di Pengadilan Negeri Surabaya kemarin (24/1).

Andik yang tidak didampingi pengacara mengakui semua perbuatannya. Dia berjanji tidak mengulanginya lagi. ”Saya menyesal dan mohon agar hukumannya diringankan,” ucap Andik dalam sidang telekonferensi. 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gas/c14/eko

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads