alexametrics

90,1 Persen Kasus Omicron Mulai Didominasi Penularan di Masyarakat

25 Januari 2022, 12:15:16 WIB

JawaPos.com – Kenaikan kasus Covid-19 varian Omicron saat ini bukan hanya dibawa oleh Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) saja, namun juga sudah didominasi oleh penularan orang ke orang di masyarakat. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan tanggal 1-22 Januari 2022, jumlah kasus konfirmasi nasional terus meningkat dalam 4 minggu terakhir.

“Proporsi kasus didominasi transmisi lokal, tidak lagi oleh pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) tetapi oleh penularan lokal,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan resmi Kemenkes, Selasa (25/1).

Pada 22 Januari 2022 sebanyak 90,1 persen kasus konfirmasi nasional merupakan transmisi lokal. Selanjutnya, data terakhir yang dihimpun Kemenkes menunjukkan kasus konfirmasi di Indonesia sebanyak 1.626 kasus. Dan 20 pasien di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit dan 2 pasien meninggal dunia.

“Yang perlu kita lakukan yang pertama adalah kita tidak perlu panik tapi harus terus waspada dan hati-hati karena memang laju penularannya tinggi. Kita perlu, memastikan protokol kesehatan tetap berjalan, memakai masker, mencuci tangan, dan mengurangi kerumunan,” jelasnya.

Untuk memaksimalkan protokol kesehatan, data PeduliLindungi boleh dibuka publik sehingga masyarakat bisa melihat lokasi-lokasi mana yang menerapkan disiplin protokol kesehatan. Hal ini dapat membantu mengontrol penggunaan PeduliLindungi di fasiltas publik maupun di kantor.

Di samping itu, pemerintah juga terus gencarkan pelaksanaan surveilans. Karena kasus Omicron semakin banyak maka tidak semuanya menggunakan metode genome sequencing. Pasalnya metode genome sequencing akan lebih diarahkan untuk menganalisa pola penyebaran kasus Omicron.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads