alexametrics

Rekrutmen P3K Dibagi 2 Tahap Agar Tak Ganggu Pemilu Serentak

25 Januari 2019, 14:17:01 WIB

JawaPos.com – Pemerintah berencana melaksanakan rekrutmen tahap pertama Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) pada Februari 2019. Kebijakan itu dikhususkan untuk Tenaga Honorer eks Kategori 2 (THK2).

Formasi yang tersedia, di antaranya pada posisi guru/dosen, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian yang memenuhi syarat. Sedangkan tahap kedua, rekrutmen PPPK akan dibuka untuk formasi umum.

“Rekrutmen P3K tahun 2019 ini sebanyak 150 ribu formasi,” ujar Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin melalui keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Jumat (25/1).

Dari total kuota, Panselnas akan melangsungkan rekrutmen dalam dua tahap di mana masing-masing membuka 75 ribu lowongan.

Mantan Wakapolri itu mengatakan, pembukaan rekrutmen dengan cara dua tahap juga bertujuan agar tidak mengganggu adanya Pemilu serentak 2019. Sebabnya, kebijakan itu akan berlangsung sebelum dan sesudah Pemilu mendatang.

“Prinsipnya, dilakukan secara bertahap, tanpa menggangu kontestasi Pilpres dan Pileg serentak, yang akan berlangsung April mendatang,” tuturnya.

Adapun selain P3K, pemerintah juga akan melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi formasi Papua dan Papua Barat, serta daerah yang terdampak bencana, yaitu di Palu, Sigi, Donggala, dan Parigi Moutong. Terdapat 48 pemda yang mengalami penundaan seleksi CPNS 2018.

Editor : Kuswandi

Reporter : Yesika Dinta

Rekrutmen P3K Dibagi 2 Tahap Agar Tak Ganggu Pemilu Serentak