alexametrics

BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Besar Penyeberangan Merak-Bakauheni

24 Desember 2021, 15:56:54 WIB

JawaPos.com – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMK) Dwikorita Karnawati mengingatkan kepada seluruh pengelola jasa penyeberangan Bakauheni – Merak akan adanya potensi gelombang besar saat libur natal dan tahun baru (Nataru), di perairan Selat Sunda. Gelombang besar tersebut diperkirakan akibat cuaca ekstrem.

Hal ini setelah Dwikorita melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Merak pada Kamis (23/12) kemarin.

“Potensi cuaca ekstrem akibat La Nina sangat besar kemungkinan terjadi. Kami mohon untuk tetap waspada dan tidak memaksakan mengangkut penumpang jika cuaca tidak memungkinkan,” kata Dwikorita dalam keterangannya, Jumat (24/12).

Dwikorita menyebut, peringatan ini dikeluarkan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kapal akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi. Dia juga berharap agar Syahbandar menunda Surat Persetujuan Berlayar (SPB),\[ jika cuaca sedang buruk.

Terkait prediksi curah hujan, lanjut Dwikorita, di wilayah Indonesia pada Desember 2021 dan Januari 2022 di periode Natal dan Tahun Baru menunjukkan adanya curah hujan pada umumnya berada pada kategori menengah hingga tinggi (100 – 500 mm per bulan).

“Untuk update informasi cuaca bisa melalui website di www.bmkg.go.id, atau melalui mobile application InfoBMKG yang bisa diunduh di Google Play Store maupun Apple Store. Hal ini penting guna meningkatkan kewaspadaan di daerah-daerah yang rawan terhadap bencana geo-hidrometeorologi,” imbuhnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: