Jakarta Bukan Ibu Kota Lagi, Bapenas Usul Wali Kota/Bupati Ditiadakan

24 November 2022, 23:04:27 WIB

JawaPos.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI Suharso Monoarfa mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo meminta agar pihaknya memikirkan sistem pemerintahan baru DKI Jakarta setelah nanti tak lagi jadi ibu kota negara.  Menindaklanjuti hal itu, Suharso mengusulkan agar sistem pemerintahan di DKI Jakarta meniadakan bupati dan wali kota.

Ia mengatakan, DKI Jakarta akan menjadi kota pemerintahan yang langsung dipimpin seorang gubernur.

“Bahkan pemikiran kami ke depan adalah bagaimana ada struktur organisasi yang lebih lincah. Yang bisa menjadi panutan teladan pemerintahan yang lain,” ujarnya kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (24/11).

Selain itu, ia juga memikirkan hal-hal yang tidak lagi menjadi bagian dari kewenangan Jakarta setelah tidak menjadi Ibu Kota. Untuk mengatur hal itu, akan dituangkan dalam regulasi khusus.

“Kita coba tuangkan ke dalam UU yang sifatnya akan spesialis bagi Jakarta. Sehingga, Jakarta bisa mengambil kewenangan-kewenangan untuk kebutuhannya tanpa disibukkan dengan sesuatu yang diperlukan. Misalnya bagaimana relasinya dengan kementerian dan lembaga yang lain,” tandasnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berdiskusi dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI Suharso Monoarfa terkait rencana tata ruang serta berbagai masukan untuk Jakarta setelah tak lagi jadi ibu kota Indonesia.

“Ini adalah berbagai masukan yang bagus, antara lain agar DKI Jakarta tata kotanya tetap berjalan dengan baik, ekonomi tumbuh, dan tentunya menuju Jakarta yang lebih dinamis,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (24/11).

Dalam pertemuan yang juga didampingi Kepala Bappeda DKI Jakarta Atika Nur Rahmania tersebut, Heru mengaku telah mendapat arahan untuk juga mempercepat kegiatan perekonomian di Jakarta

“Dan yang terakhir kami diminta untuk membuat tim-tim kecil untuk bisa membahas detail tata ruang selanjutnya,” jelasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Tazkia Royyan Hikmatiar

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads