alexametrics

Uji Kepatutan Komjen Idham Azis Jadi Kapolri Pekan Depan

24 Oktober 2019, 11:31:23 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo menunjuk Kabareskrim Komjen Pol Idham Azis sebagai Kapolri. Keputusan menempatkan Idham menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang kini jadi Mendagri itu disampaikan kemarin (23/10).

Tidak menjelaskan latar belakang pemilihan, Jokowi memastikan bahwa Idham merupakan satu-satunya calon yang dia usulkan. Jokowi sudah mengirim surat pengajuan kepada DPR. ’’Kami ajukan juga hari ini (kemarin) ke DPR,” ujarnya seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka.

Ditanya terkait keputusan presiden, Idham mengaku siap menjalankan amanah. Saat ini dia sedang menyiapkan diri untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. ’’Saya mohon doa restu,” katanya.

Siapakah Idham Azis dan bagaimana prestasinya di Kepolisian? Idham lahir di Kendari, 30 Januari 1963. Dia adalah adik kelas Ari Dono di Akademi Kepolisian (Akpol) yang lulus pada 1988.

Kasus besar yang ditangani Idham adalah Bom Bali II pada 1 Oktober 2005. Idham yang bergabung dengan tim Densus 88 yang dipimpin Tito Karnavian mengepung dan melumpuhkan gembong teroris Dr Azhari di sebuah vila di Kota Batu, Malang, 9 November 2005. Idham juga ikut dalam Operasi Anti-Teror Bakreskrim Poso 2005-2007.

Dengan prestasinya dalam penanganan kasus Bom Bali II dan operasi di Poso, Idham dianugerahi kenaikan pangkat luar biasa. Yakni, dari Densus ke Kapolda Metro Jaya hingga Kabareskrim sejak 22 Januari 2019.

Pengamat kepolisian Bambang Rukminto menuturkan, Idham merupakan perwira tinggi Polri yang punya kapasitas mumpuni. Sebelum diusulkan jadi Kapolri, Idham pernah menduduki berbagai posisi strategis. Mulai Kapolda Metro Jaya, Kadiv Propam Polri, sampai jabatan saat ini sebagai Kabareskrim.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, DPR telah menerima surat presiden (surpes) tentang penunjukan Idham. Surat diterima pukul 09.0. DPR dijadwalkan menggelar uji kepatutan dan kelayakan pekan depan karena Komisi III DPR sebagai mitra kerja kepolisian belum terbentuk. ’’Komisi III kan baru dilantik pekan depan,” ujar Dasco.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : syn/mar/c10/ayi



Close Ads