alexametrics

Cerita Lucu Nadiem Makarim, Dikuntit Orang Tak Dikenal Usai Pelantikan

24 Oktober 2019, 14:35:43 WIB

JawaPos.com – Awal kepemimpinan Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) rupanya memiliki kisah yang cukup membuatnya ‘malu’. Hal itu diungkapkan ketika momen sertijab yang juga dihadiri oleh Mendikbud periode sebelumnya, Muhadjir Effendy.

Nadiem Makarim bercerita bahwa dirinya masih sangat kaku terhadap status sebagai seorang menteri. Saking kakunya, dia sampai malu sendiri saat merasa dikuntit oleh orang tidak dikenal yang terus membuntutinya. Ternyata, orang yang disangka menguntitnya itu adalah ajudannya.

Momen tersebut berlangsung saat perjalanan dari Istana Negara menuju Kantor Kemendikbud. “Saya kok diikuti orang tidak dikenal. Saya tanya, bapak siapa? Dijawab dia, saya ajudan bapak,” kisah Nadiem demikian.

Mendikbud Nadiem Makarim (kanan) bersama Muhadjir Effendy, Mendikbud periode 2016-2019 saat acara Sertijab Mendikbud di Jakarta, Rabu (23/10). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Ceritanya membuat seisi ruangan saat momemn sertijab tak dapat menahan tawa. Nadiem pun tampak malu sendiri. “Tadi saja pas langsung masuk mobil (dari Istana), keluar (di Kantor Kemendikbud) baru sadar (ada pria yang mengikuti), ‘wah bapak siapa?’, eh nggak taunya ajudan saya. Oh iya, saya belum kenal,” imbuh Nadiem Makarim.

Nadiem mengaku masih perlu membiasakan diri dengan kebiasaan protokoler kementerian. Hal tersebut dikatakannya lantaran dia bukan berasal dari kalangan birokrat yang terbiasa dengan tindak-tanduk protokoler.

Nadiem sendiri diketahui sebagai Menteri paling muda di kabinet Indonesia Maju. Kini Nadiem Makarim berusia 35 tahun.

Dengan usianya yang segitu, Nadiem Makarim yang kemudian tercebur ke lingkup kementerian yang kebanyakan berusia lebih tinggi di atasnya. Dia pun enggan dipanggil dengan sapaan bapak dan lebih memilih dipanggil mas saja.

“Jangan panggil bapak. Cukup panggil mas saja. Di sini banyak yang lebih senior. Saya juga nggak akan menjadi guru. Saya akan jadi murid yang baik di sini,” tandasnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads