alexametrics

PNS Kemenag Diduga Perkosa Siswinya, Terancam Dipecat

24 Juni 2022, 11:23:28 WIB

JawaPos.com – Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Agama (Kemenag) di Subang, Jawa Barat berinsial DAN diduga mencabuli anak didiknya sendiri berinisial E,15. Tindak asusila ini bahkan diduga dilakukan lebih dari 10 kali dalam kurun waktu 1 tahun.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam memastikan pihaknya akan memberikan sanksi berat kepada pelaku jika dinyatakan bersalah. Saat ini pelaku sudah diamankan Polres Subang untuk menjalani hukuman.

“Kemenag tidak mentoleransi atas kasus atau perbuatan tercela, sanksinya sangat berat. Jika sudah menjadi tersangka, maka tahap awal bisa dilakukan proses pemberhentian sementara sesuai ketentuan undang-undang,” kata Ajam kepada wartawan, Jumat (24/6).

“Tahap selanjutnya adalah menunggu keputusan tetap (inkrah) dari pengadilan. Jika inkrah dan memenuhi ketentuan undang-undang, sanksinya bisa dipecat dengan tidak hormat,” imbuhnya.

Ajam menegaskan, PNS bekerja diatur dengan undang-undang. Regulasi kepegawaian mengatur sejumlah sanksi bagi aparatur, mulai dari sanksi ringan, sedang, hingga berat.

Pasal 87 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, antara lain mengatur tentang jenis pelanggaran yang berakibat PNS yang melakukannya mendapat sanksi dipecat. Ketentuan itu antara lain:

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads