alexametrics

Pemprov DKI Siapkan Lahan 3 Hektare Bagi Jenazah Covid-19 di Jakut

24 Juni 2021, 16:27:09 WIB

JawaPos.com – Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta tengah menyiapkan tiga hektare lahan untuk tempat pemakaman umum (TPU) yang dikhususkan untuk para jenazah yang meninggal dunia akibat Covid-19. Kawasan khusus bagi jenazah Covid-19 tersebut terletak di wilayah Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Elly Sugestianingsih menjelaskan dari 25 hetare di TPU Rorotan untuk saat ini dipersiapkan 3 hektar. Dari 3 hektare tersebut diperkirakan bisa menampung sekitar 7.200 petak makam.

“Dari tiga hektar lahan yang sudah dimatangkan akan menampung sekitar 7.200 petak makam,” ujar Elly kepada wartawan, Kamis (24/6).

Elly menambahkan, sampai dengan saat ini di TPU Rorotan tersebut diperkirakan sudah ada 900 makam jenazah yang meninggal dunia akibat Covid-19 ini.

“Kita semua berharap tidak akan ada lagi penambahan jumlah jenazah Covid-19 yang dimakamkan di sini (TPU Rorotan-Red),” katanya.

Baca Juga: Ditertawakan Karena Pekik Merdeka, Mega Kini Budayakan Salam Pancasila

Untuk memaksimalkan pelayanan pemakaman di TPU Rorotan, pihaknya telah mensiagakan 30 petugas. Jumlah petugas ini mengalami penambahan seiring dengan meningkatnya angka meninggal dunia akibat Covid-19.

“Awalnya, kita siagakan 18 petugas dikarenakan adanya peningkatan jumlah jenazah Covid-19 maka tim yang bertugas di TPU Rorotan ditambah menjadi 30 orang,” ungkapnya.

Elly menuturkan, dalam waktu dekat, petugas akan merapikan badan makam agar tertata. Proses pembangunan fasilitas di TPU Rorotan tersebut juga masih terus diselesaikan.

“Secara bertahap akan kita lakukan biar lebih rapi. Ini adalah pekerjaan kolaborasi dengan melibatkan semua unsur dalam upaya menyediakan kebutuhan lahan pemakaman Covid-19 di wilayah DKI Jakarta,” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads