alexametrics

Lawan Mutasi Covid-19 India, Menkes: Harus 1 Juta Vaksinasi Per Hari

24 Juni 2021, 11:33:07 WIB

JawaPos.com – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berkejaran dengan mutasi virus yang terus berkembang. Untuk mengatasi mutasi India varian Delta saat ini, vaksinasi harus dipercepat. Presiden Joko Widodo menargetkan tiap hari harus 1 juta dosis.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya siap melaksanakan 1 juta vaksinasi per hari. Target itu akan digelar pada bulan depan paling lambat.

‘Dengan inisiatif panglima dan Kapolri sekarang kami menyiapkan sentra vaksinasi di lokasi TNI-Polri di seluruh Indonesia,” katanya kepada wartawan, Kamis (24/6).

Baca Juga: Mencontoh Lockdown di India, Mampu Turunkan Kasus Mutasi 8 Kali Lipat

Menurutnya, kapasitasn minimal 5 ribu perhari mungkin bisa ditingkatkan. Kuncinya, kata dia, vaksinasi 1 juta sehari tak bisa dikerjakan sendiri oleh Kemenkes namun dengan bekerja sama beberapa pihak.

“Alurnya sudah baik dan nanti akan direplikasi ke seluruh daerah. Sekali lagi, untung mengejar angka 1 juta suntik perhari tidak mungkin dilakukan sendiri. Kita harus kompak bersama melakukan, dan saya bangga melihat TNI-Polri mampu membantu kita bersama-sama,” tegasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads