alexametrics

Banyak yang Belum Pahami Esensi Merdeka Belajar, Nadiem Bilang Begini

24 Juni 2021, 11:50:07 WIB

JawaPos.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengaku masih kebingungan atas pemahaman para orang tua dan guru akan esensi Merdeka Belajar. Pasalnya, masih banyak dari mereka yang mengartikannya dengan kebebasan.

“Ada yang mengira kemerdekaan di sini berarti kebebasan untuk melakukan apapun. Bebas mau belajar atau tidak, bebas mau mengerjakan tugas atau tidak. Namun sebenernya esensi Merdeka Belajar bukan lah itu,” jelasnya dalam webinar Merdeka Belajar dalam Peta Jalan Pendidikan, Kamis (24/6).

Nadiem pun memberikan contoh, apabila ada 1 anak tertarik dengan sastra dan seni, sedangkan 1 anak lagi tertarik dengan teknologi dan computer. Dalam hal ini, orang tua tidak bisa memaksakan kehendaknya agar dua anak tersebut menguasai semua bidang.

“Yang terjadi selama ini anak-anak tidak bisa memilih untuk mempelajari hal-hal yang mereka sukai dengan cara yang mereka sukai. Di situ lah Merdeka Belajar hadir sebagai solusi,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa kebijakan ini dirancang berdasarkan keinginan untuk memprioritaskan kebutuhan anak sebagai pelajar. Demi generasi masa depan yang dapat menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat.

Pihaknya juga mendorong guru-guru untuk merancang metode pembelejaran berbasis projek untuk memacu kreativitas peserta didik. Sedangkan utk mahasiswa, mereka mendapatkan hak untuk belajar di luar prodi dan di luar kampus mengikuti program Kampus Merdeka, seperti magang di industri, pertukaran pelajar, maupun mengajar di sekolah-sekolah kawasan 3T.

“Saya yakin semua dari kita ini sebagai orang tua menginginkan anak-anak kita menjadi pelajar yang cerdas dan berprestasi, juga masih menjaga nilai-nilai kesantunan. Dalam hal ini Merdeka Belajar sebagai falsafah dan tujuan pendidikan, tetap menyeimbangkan capaian kompetensi dengan pembangunan karakter,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads