alexametrics

Ormasnya Rizieq Shihab Ajukan Perpanjangan Izin, Pemerintah Evaluasi

24 Juni 2019, 16:05:04 WIB

JawaPos.com – Front Pembela Islam (FPI) sudah mengajukan perpanjangan izin organisasi kemasyarakatan (ormas) ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kepastian itu disampaikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

“Infonya sudah diajukan lewat Dirjen Polpum (Politik dan Pemerintahan Umum),” ujarnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (24/6).

Saat ini, kata dia, berkas pengajuan perpanjangan tengah diproses oleh Dirjen Polpum. “Sedang dievaluasi dulu,” kata politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

Tjahjo menjelaskan, evaluasi organisasi tidak dilakukan pemerintah terhadap perpanjangan izin FPI. Dia menegaskan, semua organisasi lainnya juga dievaluasi oleh pemerintah sebagai bagian dari prosedur perpanjangan izin.

“Setiap pengajuan kembali akan kami nilai, kami telaah, kami pelajari dulu AD/ART yang terbaru bagaimana. Komitmen terhadap NKRI dan Pancasila, itu yang dilihat,” tuturnya.

Tjahjo menilai wajar apabila ada kelompok masyarakat yang menghendaki perpanjangan FPI, begitu pula dengan yang tidak menginginkan. “Apapun yang diputuskan pasti akan menimbulkan pro dan kontra,” tuturnya.

Tjahjo sendiri enggan berandai-andai soal peluang diperpanjang atau tidaknya izin ormas  yang menaungi Rizieq Shihab itu. “Tunggu Dirjen Polpum saja deh. Karena sudah dibentuk tim,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Folly Akbar


Close Ads