alexametrics

Kasal Sebut KRI Nanggala Kemungkinan Alami Keretakan Bukan Meledak

24 April 2021, 20:00:43 WIB

JawaPos.com–Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan kemungkinan kapal selam KRI Nanggala-402 mengalami keretakan. Hal itu sekaligus memastikan bahwa kapal tidak meledak.

”Retakan, bukan ledakan,” kata Laksamana TNI Yudo Margono seperti dilansir dari Antara saat menjawab pertanyaan mengenai kemungkinan kondisi KRI Nanggala-402 saat jumpa pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, Sabtu (24/4).
Dia menjelaskan, keretakan pada kapal selam kemungkinan terjadi secara bertahap di bagian-bagian tertentu. ”Karena retakan, jadi secara bertahap di bagian tertentu, saat kapal selam mulai turun, ini pasti terjadi fase-fase mulai dari kedalaman 300 meter, 400 meter, hingga 500 meter,” jelas Yudo Margono.

Dalam kesempatan itu, Kasal sekali lagi menegaskan bahwa kapal selam tidak meledak. ”Kalau ledakan, pasti akan terdengar pada alat deteksi sonar. Itu pasti akan terdengar kalau ledakan,” ucap Yudo Margono.

Kasal berharap para awak KRI Nanggala-402 mampu mencegah air masuk saat kapal mengalami keretakan. Pasalnya, tantangan utama saat kapal selam mulai retak adalah masuknya air ke bagian-bagian kapal.

Yudo menyebutkan, ada kemungkinan para awak kapal dapat menyelamatkan diri mengingat kapal selam terbagi dalam ruangan-ruangan yang dibatasi sekat sehingga masing-masing kedap air apabila tertutup rapat.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads