alexametrics

Tak Ada Larangan Mudik Lebaran, Kemenhub Prediksi Ada 80 Juta Pemudik

24 Maret 2022, 10:42:01 WIB

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 telah membuat masyarakat tidak dapat melaksanakan mudik lebaran pada 2020 dan 2021 lalu. Namun untuk tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan bahwa masyarakat dapat melaksanakan mudik lebaran 2022.

Terkait hal itu, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, 80 juta orang diprediksi melakukan mudik lebaran. Baik itu untuk moda transportasi darat, laut dan udara.

“Potensi masyarakat yang akan melakukan mudik mendekati angka 80 juta,” kata dia dalam keterangan resmi, Kamis (24/3).

Saat ini, untuk mendindaklanjuti hal tersebut, Kemenhub akan segera berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan lainnya. Antara lain Satgas Penanganan Covid-19, Kementerian dan Lembaga, serta unsur terkait lainnya.

“Nantinya Kemenhub akan menerbitkan Surat Edaran tentang petunjuk pelaksanaan teknis di lapangan baik untuk perjalanan luar negeri maupun dalam negeri, yang seperti sebelum-sebelumnya selalu merujuk pada SE Satgas Penanganan Covid-19,” ucap dia.

Kata dia, SE Kemenhub ini dibutuhkan sebagai rujukan bagi para operator prasarana dan sarana transportasi untuk menjamin pelaksanaan perjalanan luar negeri maupun dalam negeri dapat berjalan dengan lancar dan aman dari Covid-19.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini: