alexametrics

Listyo Klaim Pelanggaran Kode Etik Anggota Polri Turun Sepanjang 2021

24 Januari 2022, 17:00:56 WIB

JawaPos.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengklaim penyimpangan anggota Polri baik pelanggaran disiplin maupun kode etik menurun sepanjang 2021.

Sigit menjelaskan, pelanggaran disiplin menurun 20,67 persen, pelanggaran kode etik profesi Polri (KEPP) menurun 37,29 persen, pelanggaran pidana oleh anggota Polri menurun 18,31 persen.

“Dalam hal penyimpangan anggota Polri, pelanggaran disiplin, kode etik profesi Polri, dan pidana di tahun 2021, seluruhnya mengalami penurunan,” ujar Sigit dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, Jakarta, Senin (24/1).

Sigit mengaku dengan penurunan angka tersebut telah membuktikan bahwa Korps Bhayangkara telah melakukan perbaikan untuk menjadi lebih baik bagi masyarakat.

“Tentunya data ini menunjukkan bahwa Polri secara bertahap melakukan perbaikan, meskipun masih terjadi beberapa kejadian dan persepsi yang berkembang di media, baik media mainstream maupun media sosial, terkait pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri,” katanya.

Sigit berujar, Polri telah melakukan penelitian terkait dengan penyebab penyimpangan-penyimpangan anggotanya tersebut. Penyebab penyimpangan terdiri dari faktor individu dan faktor organisasi.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads