alexametrics

Azis Syamsuddin Dituntut 50 Bulan Penjara, ICW: Harusnya Maksimal

24 Januari 2022, 14:10:26 WIB

JawaPos.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai tuntutan 4 tahun dan 2 bulan penjara terhadap mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin terlalu ringan. Seharusnya Azis Syamsuddin dituntut hukuman maksimal, yakni 5 tahun penjara.

“Tuntutan ringan KPK kepada Azis Syamsuddin tentu tidak mengagetkan lagi. Bagi ICW tuntutan ini semakin menguatkan dugaan bahwa KPK memang enggan memberikan efek jera maksimal kepada pelaku korupsi yang mempunyai irisan dengan wilayah politik,” kata peneliti ICW, Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Senin (24/1).

“Sebelum Azis, ICW mencatat terdapat Edhy Prabowo dan Juliari P Batubara yang juga dituntut ringan oleh KPK,” imbuhnya.

Menurut Kurnia, tuntutan ringan kepada Azis bukan kesalahan dari penuntut umum. Sebab, perumusan tuntutan di KPK tidak diputuskan sepihak oleh penuntut, melainkan berkoordinasi dan menunggu dari Pimpinan KPK.

“Maka dari itu, kami menyimpulkan Pimpinan KPK yang patut untuk dipertanyakan mengapa Azis hanya dituntut 4 tahun 2 bulan penjara. Bagi ICW, ia sangat layak dan pantas dituntut maksimal 5 tahun penjara,” tegas Kurnia.

Kurnia membeberkan di luar itu, ada permasalahan dalam UU Tipikor. Mestinya untuk pihak pemberi suap, konstruksi pasalnya bisa didetailkan, seperti memberi suap kepada penegak hukum maka sanksinya bisa ditambah, bukan hanya maksimal 5 tahun, melainkan ditinggikan menjadi 10 tahun penjara.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads