JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tito Lantik 17 Pati Polri, Dari Kabareskrim Hingga Dankor Brimob

24 Januari 2019, 10:12:16 WIB
Pelantikan Pati Polri
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kiri) ketika memimpin acara pelantikan 17 Pati Polri, Kamis (24/1). (Sabik/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Mabes Polri mengadakan upacara serah terima jabatan (sertijab) 17 perwira tinggi (pati). Upacara dipimpin langsung oleh Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian.

Prosesi ini dilaksanakan sekitar pukul 08.00 WIB di Ruppatama Mabes Polri, Jl Trunonjoyo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (24/1).

Dari mutasi jabatan ini diketahui sejumlah jabatan strategis bergeser. Seperti Komjen Pol Arief Sulistyanto yang baru menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri sejak 17 Agustus 2018 atau kurang lebih lima bulan, kini menjadi Kalemdiklat Polri.

Posisi lamanya sebagai Kabareskrim diemban oleh Irjen Pol Idham Azis yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Sedangkan Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, yang sebelumnya menjabat Asrena Kapolri sekaligus Satgas Nusantara akan menempati kursi yang ditinggalkan Idham.

Asrena Polri kini dijabat oleh Irjen Pol Agung Sabar Santoso, yang sebelumnya menjabat Wairwasum Polri.

Ada pula posisi Kabaintelkam Polri kini dijabat oleh Komjen Pol Unggung Cahyono, menggantikan Komjen Pol Lutfi Lubihanto. Hingga Dankor Brimob, Irjen Pol Rudy Sufahriadi juga ikut digeser. Dia menempati jabatan Asops Kapolri.

Jabatan yang ditinggalkan Rudy, kini diemban oleh Irjen Pol Ilham Salahudin, yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Upacara sertijab ini dibuka dengan pembacaan sumpah jabatan. Tito memimpin langsung prosesi ini.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat kepolisian negara Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian kesadaran dan tanggung jawab," ujar Tito dan diulang oleh 17 pati yang dilantik.

Diketahui, keputusan mutasi jabatan ini tertuang dalam surat telegram bernomor ST/188/I/KEP.2019 tertanggal 22 Januari 2019. Surat tersebut ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Eko Indra Heri.

Editor           : Imam Solehudin
Reporter      : Sabik Aji Taufan

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up