alexametrics

Sosok Ahok di Mata Kalapas Cipinang

24 Januari 2019, 14:00:06 WIB

JawaPos.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) yang dikenal dengan nama Ahok telah menghirup udara bebas, Kamis (24/1). Selama menjalani masa tahannya di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok osoknya cukup menyita perhatian orang-orang di Lapas.

Salah satu yang terkesan dengan sosok tersebut adalah Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang Andhika Dwi Prasetya. Ia mengaku baru kali ini menemui narapidana seperti Ahok.

“Satu hal yang luar biasa beliau ini, belum pernah temuin napi yang tidak ambil hak seperti pembebasan bersyarat, cuti jelang bebas, baru ketemu selama saya jadi petugas,” ujarnya di Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta, Kamis (24/1).

Sosok Ahok di Mata Kalapas Cipinang
Infografis kebebasan Ahok (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Selama menjalani masa hukuman di Rutan Mako Brimob cabang Cipinang, Ahok terbilang berkelakuan baik dan saat mengikuti aturan. “Luar biasa baik. Beliau figur pemimpin selama kami monitor pembinaan,” sebut Andhika.

Dirinya mengaku tidak dibuat repot oleh Ahok selama menjalani masa hukuman. Andhika sesekali hanya memonitor perkembangan pria yang tersangkut kasus penistaan agama itu.

Bahkan saat bebas pun, Ahok katanya sempat berpamitan kepada para petugas di Rutan Mako Brimob. “Beliau sebagai seorang santun dan mengucapkan terima kasih ke petugas ketika beliau khilaf dan salah,” tutur Andhika.

Sekadar informasi, Ahok yang sekarang dipanggil BTP sudah menghirup udara bebas pasca menjalani hukuman 1 tahun 8 bulan penjara di Rutan Mako Brimob. Dia sebelumnya dijatuhi hukuman karena dianggap menistakan agama Islam.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Sosok Ahok di Mata Kalapas Cipinang