JawaPos Radar | Iklan Jitu

20 Orang Tewas, Belasan Ribu Orang Terdampak Akibat Banjir di Sulsel

24 Januari 2019, 14:27:42 WIB
banjir
Kondisi banjir bandang yang melanda Kabupaten Gowa, Selasa (22/1). (Sahrul Ramadan/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melaporkan sudah ada 20 orang yang tewas akibat bencana banjir bandang di Sulawesi Selatan. Rencananya Doni akan bertolak ke lokasi siang ini, Kamis (24/1).

Ditemui di Kompleks Istana, Jakarta, Doni menuturkan ada belasan ribu warga yang terdampak. "Laporan sementara sudah lebih dari 20 orang yang meninggal dunia," ujarnya di Kompleks Istana, Kamis (24/1).

Banjir ini terjadi karena hujan deras disertai angin kencang selama tiga hari terakhir. Akibatnya, sejumlah infrastruktur ikut rusak. Mulai dari rumah, jembatan, pasar, tempat ibadah, hingga sekolah.

"Ada belasan ribu yang terdampak. BNPB sudah mengirimkan tim semalam untuk melakukan penilaian," kata Doni.

Doni mengatakan siang ini BNPB akan mendistribusikan sejumlah bantuan khususnya ke kabupaten yang paling parah kerusakannya.

Selain merenggut korban jiwa, banjir bandang yang melanda beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan juga merusak beberapa infrastruktur daerah. Sebanyak 37 tiang listrik dilaporkan rusak karena dampak hujan lebat, sehingga 617 trafo terpaksa dipadamkan.

Kerusakan disebabkan banyaknya pohon tumbang yang menimpa tiang dan trafo listrik. Selain itu, banjir juga turut merendam gardu-gardu listrik di daerah terdampak bencana.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : Uji Sukma Medianti

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up