alexametrics

Satgas Imbau Tetap Taat Prokes Meski Capaian Vaksinasi Tinggi

23 Desember 2021, 19:42:55 WIB

JawaPos.com – Komunikasi Publik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 terus mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap penularan Covid-19, khususnya varian Omicron yang sedang melonjak di beberapa negara. Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Hery Trianto menyebut, berdasarkan data 22 Desember 2021, penularan mencapai 894 ribu kasus harian dari puncak tertinggi padaApril 2021 yang sebanyak 900 ribu kasus.

Hery menyebut, hal tersebut yang menjadi pemicu pemerintah dalam mengambil langkah kebijakan untuk meminimalkan dan mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19 di tanah air. Salah satunya, kebijakan pengetatan perjalanan internasional kepada penumpang untuk menjalani karantina selama 10 dan 14 hari.

“Tidak nyaman tapi harus dilakukan,” kata Hery dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (23/12).

Hery menjabarkan, masyarakat Indonesia tidak mengendurkan protokol kesehatan Covid-19 karena program vaksinasi dosis lengkap masih sekitar 40 persen. Capaian tersebut berbeda dari beberapa negara seperti Rusia dan Amerika Serikat (AS) yang capaian vaksinasi dosis lengkapnya sudah tinggi.

Hery menyebut, negara yang tingkat vaksinasinya tinggi saja masih mengalami kasus kematian Covid-19 dalam angka yang cukup besar per harinya. “Rusia dua bulan terakhir kasus kematian hariannya selalu di atas 1.000, demikian juga dengan AS,” ucapnya.

Hery berpendapat, artinya ada yang salah dari penanganan covid-19 di kedua negara tersebut. Sebab, tingkat vaksinasi yang tinggi seharusnya mampu melindungi masyarakat secara luas.

Dia menduga, kesalahan negara tersebut yakni tidak diimbangi dengan kedisiplinan protokol kesehatan Covid-19. Belajar dari itu, protokol kesehatan di Indonesia terus digaungkan, terutama memakai masker.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri, ARM

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads