alexametrics

Terjun Langsung ke Lokasi, Kapolri Kerahkan Sekompi Brimob Hingga DVI

23 Desember 2018, 15:04:20 WIB

JawaPos.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian terjun langsung ke lokasi yang diterjang tsunami di Pantai Carita, Banten. Ia ingin mengecek evakuasi terhadap korban yang masih tertimpa reruntuhan dan hilang.

“Saya mau melihat dampak langsung kerusakan di situ, di TKP dan apa saja yang perlu dikoordinasikan di sana,” ujarnya ketika hendak bertolak ke lokasi dari Lapangan Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (23/12). 

Katanya, bukan hanya Polri, TNI, Basarnas, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, BNPB, dan BPBD juga sudah bergerak ke lokasi. “Kami sudah melakukan koordinasi melalui mekanisme saluran antar lembaga,” imbuhnya.

Polri sendiri, selain dari Polda Banten dan Polda Lampung yang sudah bergerak, mengevakuasi  masyarakat, pihaknya juga mengerahkan satu kompi brimob.

“Kalau dibutuhkan bantuan SAR, kami juga akan lihat, kalau diperlukan akan kami kirim,” tambahnya

Tim DVI Mabes Polri juga dikerahkan untuk megidentifikasi jenazah korban tsunami di sana. Satuan Pol Air juga dikirim. Begitu pula helikopter untuk mengirimkan bahan bantuan yang diperlukan. “Kalau ada yang berhasil diidentifikasi, langsung diserahkan ke keluarga korban,” sebut Tito.

Lebih lanjut Tito mengatakan bahwa tsunami yang terjadi diduga karena adanya erupsi atau letusan di Gunung Anak Krakatau. Tetapi ia yakin, bencana ini bisa segera pulih kembali apabila seluruh stakeholder terkait termasuk masyarakat kompak.

“Semoga musibah ini bisa ditangani dengan lancar dan dengan baik melalui kerja sama kita semua. Kita berdoa,” kata dia.

Sementara berdasarkan info yang ia terima, 126 orang meninggal dunia di Lampung. 36 orang lainnya juga tewas di Lampung Selatan. “Total Lebih kurang 150-160 orang, untuk sementara,” sebutnya.

Ada juga korban luka-luka, kerugian materil, rumah, dan kendaraan yang rusak. “Memang paling banyak sementara ini ada di daerah Banten dan Lampung Selatan,” pungkas Tito.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Terjun Langsung ke Lokasi, Kapolri Kerahkan Sekompi Brimob Hingga DVI