alexametrics

Tak Punya Background IT, Politikus Nasdem Johnny Plate Jadi Menkominfo

Rudiantara Singgung UU PDP
23 Oktober 2019, 16:01:19 WIB

JawaPos.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara resmi melepas jabatannya yang telah diemban selama lima tahun. Posisinya sebagai Menkominfo resmi digantikan Johnny G Plate yang merupakan politikus Partai Nasdem. Serah terima jabatan (sertijab) Menkominfo baru ini digelar di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (23/10).

Johnny mengaku masih berusaha mencari tahu dan mempelajari seluk beluk Kemenkominfo. “Hari ini saya secara resmi menjadi Menkominfo. Saya sendiri masih mencari tahu apa itu. Ini bukan periode awal, tapi lanjutan. Jadi saya tidak perlu ditanya program seratus hari atau seribu hari, tapi kontinuitas yang sudah dibangun,” ujar Johnny.

Lebih jauh, dirinya menyebut bahwa pada kepemimpinannya, Kemenkominfo ingin agar masyarakat tahu arah kebijakan negara. “Kedua, apa capaian negara, jangan sampai masyarakat tidak tahu capaian negara. Kita punya infrastrutkur, rakyat perlu tahu di mana itu dan bisa menggunakannya,” lanjutnya.

Sertijab Menkominfo baru Johnny G Plate (kanan) bersama Menkominfo periode 2014-2019 Rudiantara (kiri) di Jakarta, Rabu (23/10). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Meski bukan dari latar belakang digital maupun teknologi informasi (IT), Johnny mengaku siap mengembangkan sektor digital. Sayang, dirinya tak menyebut secara spesifik aspek digital mana yang ingin dikembangkan selama menjabat Menkominfo ke depannya.

“Digital juga kita perlu perhatikan. Saya bukan latar belakang dari informatika, tapi saya harap kita bisa bersama lakukan kewajiban sesuai amanat undang-undang. Kita harus selesaikan cepat, payung hukum terkait perlindungan data karena kita harus menghubungkan bangsa kita dengan bangsa lain,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Menkominfo periode 2014-2019 Rudiantara juga menyerahkan ‘memori jabatan’. Memori itu berisi angka-angka capaian objektifnya dan output Kemenkominfo selama masa kepemimpinannya.

Rudiantara kepada Johnny G Plate juga sempat menyinggung soal Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang akan menjadi pekerjaan rumah Kemenkominfo selanjutnya. “Sektor kita punya tantangan. Perlindungan data pribadi. Kominfo sudah siapkan rancangan dan sudah tanda tangan, tapi harus harmonisasi dengan undang-undang lain,” kata Rudiantara.

“Revisinya sudah saya tanda tangan lagi dan dibawa di Setneg. Mudah-mudahan beliau yang biasa di Senayan (DPR/MPR) bisa memuluskan penyelesaian UU PDP,” lanjut Rudiantara.

Profil Johnny G Plate

Johnny memiliki nama lengkap Johnny Gerard Plate. Dia adalah seorang politikus dan pengusaha. Usaha yang pernah dia tekuni sebelumnya jauh dari bidang industri telekomunikasi dan tidak berkaitan sama sekali dengan bidangnya sebagai Menkominfo saat ini.

Johnny memulai karir politiknya bersama Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI) hingga 2013. Setahun berikutnya, ia bergabung dengan Partai Nasdem, besutan pengusaha dan mantan politikus Golkar, Surya Paloh.

Karir politik Johnny bersama Nasdem juga terbilang mulus. Tahun 2017, Johnny ditunjuk sebagai Sekjen Nasdem hingga 2019. Johnny terakhir juga menduduki kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Komisi XI yang membidangi keuangan, perencanaan, pembangunan, dan perbankan.

Pria lulusan Universitas Atma Jaya Jakarta itu juga sempat memegang beberapa jabatan penting di sektor bisnis. Di antaranya, komisaris PT Indonesia Air Asia, komisaris PT Mandosawu Putratama Sakti, dan direktur utama PT Air Asia Investama.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads