alexametrics

Satu Nama Calon Kapolri, Jokowi: Idham Azis Kabareskrim

23 Oktober 2019, 13:54:05 WIB

JawaPos.com – Teka-teki pengganti Jenderal Pol Tito Karnavian sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) terjawab sudah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengajukan Kabareskrim Komjen Pol Idham Aziz menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara kepada DPR.

Jokowi mengatakan, surat pengajuan ini sudah dikirim kepada anggota dewan pada hari ini, Rabu (23/10). Selanjutnya, proses akan dijalankan oleh Komisi III untuk dilakukan fit and proper test.

“Pengganti Kapolri sudah kami ajukan juga hari ini ke DPR, pak Idham Azis Kabareskrim,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10).

Jokowi mengajukan Idham Aziz sebagai calon tunggal. Selanjutnya, dia akan menunggu hasil fit and proper test. Apabila dinyatakan layak, maka akan dilanjutkan dengan pelantikan. “Iya 1 aja (yang dicalonkan),” tegas Jokowi.

Mohon Doa Restu

Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Azis. (Salman Toyibi/Jawa Pos)

Sementara itu, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Idham Azis mengaku siap menjalankan amanah baru jika ditunjuk untuk menggantikan posisi Tito Karnavian sebagai Kapolri. Karena, Tito kini diamanatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Ya saya tentunya siap menjalankan amanah ini, bismillahi tawakaltu,” kata Idham di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (23/10).

Perwira tinggi polisi bintang tiga itu memohon doa restu untuk dapat menjalankan uji kepatutan dan kelayakan pekan depan di DPR RI. Sebab disinyalir dia merupakan calon tunggal Kapolri. “Saya mohon doa restu, karena pada mungkin minggu depan akan dilakukan fit and proper test,” terang Idham.

Oleh karenanya, Idham mengaku tengah mempersiapkan agar memenuhi syarat untuk bisa mengisi posisi Kapolri. “Saya saat ini sedang menyiapkan diri dan prinsipnya saya siapkan diri,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Tito Karnavian ditunjuk sebagai Mendagri oleh Presiden Jokowi. Kini, posisi Kapolri tengah digantikan oleh Plt Kapolri Komjen Ari Dono.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads