alexametrics

Profil Zainudin Amali, Menpora Kabinet Indonesia Maju

23 Oktober 2019, 10:56:19 WIB

JawaPos.com – Politikus Golkar Zainudin Amali resmi ditunjuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10). Terpilihnya Zainudin sebagai Menpora cukup mengejutkan, karena pria asal Gorontalo itu tidak memiliki latar belakang kental di dunia olah raga. Sama seperti ketika Jokowi menunjuk Imam Nahrawi menjadi Menpora pada periode 2014-2019.

Dalam pertemuannya dengan Presiden Jokowi pada Selasa (22/10) kemarin, pria kelahiran Gorontalo, 16 Maret 1962 silam itu mengaku berdiskusi tentang pengembangan SDM dan peningkatan prestasi di bidang olah raga. Sebagai Menpora, Zainudin Amali juga diminta Presiden Jokowi untuk menyiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

“Mengembangkan prestasi dan menghadapi PON 2020,” ucapnya.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga meminta Zainudin untuk membenahi sepak bola Indonesia. “Jangan lupa sepak bolanya, Pak,” ucap Presiden Jokowi saat mengumumkan susunan kabinet di Istana Negara.

Zainudin Amali diketahui merupakan Ketua DPP Partai Golkar periode 2014-2019. Selain itu, ia juga merupakan anggota DPR RI selama empat periode dan telah menempati berbagai komisi.

Zainudin juga merupakan Ketua Komisi II DPR periode 2014-2019. Selama bertugas, dia mengurus pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, aparatur dan reformasi birokrasi, kepemiluan, serta pertahanan, dan reforma agraria.

Selain politikus, Zainudin Amali juga seorang pengusaha. Sebelum terjun ke dunia politik, ia juga pernah memimpin sejumlah perusahaan. Perusahaan yang pernah dipimpin Zaidunin Amali di antaranya PT Putra Mas, PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, PT Gitrana Sendiko, PT Sura Terang Agung, PT Makmur Triagung, dan PT Supra Dinakarya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads