alexametrics

Pesan Terakhir Nadiem Makarim Sebelum Tinggalkan Gojek

23 Oktober 2019, 21:17:29 WIB

JawaPos.com – Founder dan mantan CEO Gojek, Nadiem Makarim dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia. Nadiem didapuk sebagai Mendikbud untuk menangani pengembangan SDM, khususnya generasi muda agar siap bersaing di masa depan dengan latar belakang pendidikan yang mumpuni.

Informasi terkait dengan penunjukkan Nadiem juga telah dikomunikasikan langsung melalui surat elektronik (email) kepada seluruh karyawan Gojek pada Rabu (23/10). Dalam surat tersebut, Nadiem mengenang kembali perjalanan pertumbuhan perusahaan dalam sembilan tahun terakhir dan juga menyampaikan harapannya untuk masa depan Gojek.

“Gojek dimulai dari nol, hanya bermodal tekad yang kuat untuk membawa perubahan. Saat itu, kita melihat rumitnya lalu lintas Jakarta, padahal ada komunitas ojek yang bisa menjadi solusi jika saja ada yang mengorganisir mereka sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih efisien,” kata Nadiem dalam suratnya.

Berawal dari tekad untuk memudahkan hidup keseharian semua orang, lanjut Nadiem, Gojek akhirnya lahir dengan dukungan dari begitu banyak teman, partner bisnis, investor dan stakeholders. Saat ini, Gojek juga diketahui telah menjadi salah satu ikon Indonesia dan Asia Tenggara dengan menyandang status Decacorn dengan nilai valuasi mencapai USD 10 miliar.

“Saya pamit dari Gojek dan saya percayakan kepemimpinan pada Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo sebagai co-CEO. Keduanya memainkan peran kunci dalam membawa perusahaan yang bermula dari sebuah kantor kecil di Jakarta Selatan ke panggung dunia,” sambung Nadiem.

Dia juga menyebut, banyak keberuntungan yang memihak pada Gojek selama perjalanannya, tapi dia percaya keberuntungan dalam menjalankan bisnis hanya punya nilai jika ada sosok-sosok brilian yang tahu cara memanfaatkannya.

“Membangun bisnis seperti Gojek sangat menguras tenaga dan emosi, tapi Andre dan Kevin selalu menghadapinya dengan kepala dingin dan komitmen yang tidak pernah padam. Tidak ada yang lebih tepat dari mereka untuk memimpin Gojek di fase pertumbuhan berikutnya,” tandas Nadiem.

Andre dan Kevin dalam pernyataan bersamanya juga menyampaikan, ketika seorang teman dan mentor meninggalkan usaha yang telah dibangun bersama, tentu akan ada kesedihan. Tetapi keduanya bertekad bahwa Gojek ke depan akan semakin kuat untuk mencapai visi mereka dalam 10 tahun ke depan.

Dalam struktur baru, Andre akan fokus pada pengembangan strategi korporasi, meliputi pengelolaan alokasi modal, ekspansi internasional serta layanan pembayaran dan jasa keuangan. Sementara Kevin akan fokus pada pengembangan produk Gojek serta pemasaran, pengembangan organisasi dan juga bisnis ride-hailing dan pesan-antar makanan.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads