alexametrics

100 Hari Kerja Mendikbud Nadiem Makarim, Katanya Mau Belajar Dulu

23 Oktober 2019, 19:53:02 WIB

JawaPos.com – Nadiem Anwar Makarim resmi dilantik sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menggantikan Muhadjir Effendy yang sudah habis masa jabatannya. Bos sekaligus perintis aplikasi ride hailing Gojek itu resmi menyandang status Mendikbud usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama-nama dan langsung melantik menteri-menterinya pada Rabu (23/10) pagi.

Menjadi seorang menteri, Nadiem Makarim rupanya ogah dipanggil dengan sebutan ‘bapak’. Nadiem menyebut lebih nyaman dipanggil dengan panggilan ‘mas’ saja alih-alih dipanggil Pak Nadiem.

“Hari ini saya masih kaku, masih banyak yang harus dipelajari. Tema hari ini memang sepertinya belajar. Oh iya, saya jangan dipanggil bapak. Panggil mas saja,” ujar Nadiem di kantor Kemendikbud, Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan saat serah terima jabatan Mendikbud bersama Muhadjir Effendy, Rabu (23/10) siang.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga menuturkan bahwa selama 100 hari ke depan belum akan bekerja. Nadiem Makarim mengaku waktu tersebut akan dimanfaatkannya untuk belajar.

“Rencana 100 hari saya? Pertama saya nggak suka dipanggil pak, panggil mas saja. Kedua, saya nggak ada rencana 100 hari. 100 hari pertama saya akan digunakan untuk duduk dan mendengar dari para senior, dari para mentor, mempelajari ilmu-ilmunya, apa yang harus saya benahi,” terangnya.

Nadiem Makarim dengan jabatannya saat ini secara tidak langsung juga menjadi Menteri Jokowi yang paling muda. Kehadirannya di Kemendikbud, kendati memegang tampuk jabatan tertinggi di sana, dia tidak ingin menjadi guru (atasan).

“Saya di sini bukan untuk menjadi guru, saya di sini justru akan menjadi murid. Mendengar, duduk dengan baik masukan-masukan dari para senior di Dikbud dan Dikti. Saya minta semua bersabar. Saya tidak berasal dari pendidikan, tapi saya akan belajar dengan baik,” tandasnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads