alexametrics
Laporan M. Hilmi Setiawan dari Makkah

Jalankan Umrah Hingga Tiga Kali, Jamaah Indonesia Miqat di Tan’im

23 Juli 2019, 15:00:13 WIB

JawaPos.com – Sejumlah jamaah haji Indonesia tidak cukup melaksanakan umrah wajib atau umrah qudum saja. Mereka melakukan beberapa kali umrah sunah.

Ketentuan dalam pelaksanaan umrah sunah adalah mengambil titik miqat atau dimulainya niat dari sejumlah titik. Lokasi miqat terdekat adalah di Masjid Aisyah di Tan’im.

Senin malam sekitar pukul 21.00 waktu Arab Saudi (WAS) atau Selasa (23/7) dini hari (01.00 WIB) terlihat belasan jamaah mengenakan kain ihram bertuliskan Indonesia menjalankan salat di Masjid Aisyah. Mereka melakukan salat Isya sekaligus di masjid tersebut.

Di antara jamaah Indonesia yang melakukan niat berumrah di Masjid Aisyah adalah Abdurrahim asal kloter JKG-04. Pria 60 tahun itu menuturkan sudah tiga kali melakukan umrah.

Dia menuturkan mumpung sedang berada di Makkah, maka menyempatkan untuk umrah. Dia menceritakan di hotel sudah diimbau untuk menjaga kesehatan dan tidak sering-sering melakukan umrah.

“Ini umrah kan diajak sama rombongan dari KBIH (kelombok bimbingan ibadah haji, Red),” jelasnya. Jadi, untuk keperluan transportasi dari hotel menuju Masjid Aisyah sudah diatur bersama KBIH.

Jamaah Indonesia lainnya yang melakukan miqat di Masjid Aisyah adalah Eman Abdurrahmah. Jamaah dari Kloter JKG-04 itu menuturkan juga sudah tiga kali melakukan umrah.

Apakah tidak takut capek menjelang puncak musim haji nanti? “Insyallah tidak,” tuturnya.

Dia mengakui bahwa sudah diberikan sosialisasi supaya tidak sering-sering umrah. Namun, keputusan tetap di tangan jamaah masing-masing.

Bagi yang siap untuk menjalankan ibadah umrah sunah kembali diperbolehkan. Bagi yang ingin istirahat di hotel juga diperboelhkan.

Eman menjelaskan setiap kali melakukan ibadah umrah, waktu yang dibutuhkan sekitar dua jam. Rutenya dari hotel menuju Masjid Aisyah dahulu.

Kemudian menuju hotel untuk beristirahat sejenak. Lalu menuju ke Masjidilharam menggunakan bus salawat yang disiapkan oleh pemernitah Indonesia.

Dia menjelaskan sudah ada paket kesepakatan dengan KBIH bahwa selama berhaji diberikan kesempatan untuk menjalankan umrah sebanyak tiga kali. Seluruh paket umrah tersebut diselesaikan di awal, mumpung kondisi di Makkah belum terlalu ramai. Eman tergabung dalam KBIH Sukroniyah.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Hilmi Setiawan



Close Ads