alexametrics

Ketua Komisi IV DPR Usul Hewan Ternak yang Terkena PMK Dimusnahkan

23 Mei 2022, 17:39:13 WIB

JawaPos.com – Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan bahwa langkah yang tepat untuk menyelesaikan persoalan penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah dengan memusnahkan semua hewan ternak yang terjangkit. Hal ini diakui ekstrim, namun ini demi jangka panjang.

“Langkah yang paling tepat itu seperti di Inggris, musnahkan, jebret, habis. Risikonya negara rugi banyak, tapi menyelamatkan jangka panjang. Saya yakin kira-kira 20 provinsi (sekarang 16 provinsi) kena, sampai 30 tahun tidak akan bisa selesai,” ucap dia dalam Rapat Kerja bersama Menteri Pertanian, Senin (23/5).

Pasalnya, hewan ternak yang terkena PMK itu masih membawa virus tersebut meskipun telah sembuh. Dikatakan bahwa mereka membawa virus tersebut hingga 3 tahun, artinya ada kesempatan penyakit itu revive atau lahir kembali.

“Saya tanya (ke dokter hewan) kalau sapi sudah kena PMK, anggap sembuh, masih membawa virus nggak? berapa tahun? 3 tahun kan? itu yang baru sembuh aja masih kena 3 tahun,” tutur dia.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi IV DPR RI Saadiah Uluputty mengatakan bahwa sebaiknya langkah ekstrem untuk memusnahkan hewan ternak terjangkit PMK dapat menjadi pilihan. Hal itu perlu diiringi dengan subsidi kepada peternak.

Sebab, jika tidak dan penyakit tersebut semakin tidak terkendali, maka ada kesempatan muncul oknum-oknum yang memanfaatkan hal tersebut terkait vaksin PMK.  “Di jaring-jaring ini bermain orang-orang yang akan mengambil keuntungan. Ini yang kita khawatirkan. Jangan sampai kita tunggu seluruh Indonesia. Mana yang akan kita korbankan, seluruh sapi atau daerah tertentu aja,” tandas dia. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads